via The Verge

Fitur Digital Wellbeing atau Kesehatan Digital merupakan fitur unggulan yang ada di Android 9.0 Pie. Fitur yang bisa memantau aktivitas penggunaan smartphone ini justru dikeluhkan beberapa pengguna Pixel 3.

Dalam thread di Reddit, beberapa pengguna Pixel 3 menyebut smartphone mereka menjadi lemot karena Digital Wellbeing. Tapi jika fitur ini dimatikan, performa smartphone menjadi lebih baik.

Baca Juga:

Bahkan ada yang menyebut performa Pixel 3 bagaikan “siang dan malam” jika fitur Digital Wellbeing dihidupkan. Ada pula yang mengatakan sudah dicoba dengan restart ponsel, menghapus cache, meng-uninstall aplikasi yang tak diperlukan namun tak mempan, tapi setelah Digital Wellbeing dimatikan tidak ada lag dan lancar.

Meski demikian perlu ada penyelidikan lebih lanjut mengenai dugaan Digital Wellbeing membuat performa smartphone menjadi lambat sebab smartphone juga menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi lainnya secara latar belakang.

Digital Wellbeing merupakan salah satu fitur unggulan yang ada di Android 9.0 Pie. Fitur ini dihadirkan sebagai upaya untuk mengurangi kecanduan penggunaan smartphone, dan sangat membantu bagi para pengguna yang ingin sembuh dari kecanduan gawai.

Digital Wellbeing bisa memonitor penggunaan smartphone, dan mencatat durasi penggunaan satu aplikasi. Misalnya seberapa lama menonton YouTube atau Netflix, ataupun berapa durasi penggunaan Instagram. Fitur ini juga bisa memberikan limit durasi penggunaan satu aplikasi. Jika sudah mencapai limit, aplikasi kemudian di nonaktifkan dan baru bisa digunakan keesokan harinya.

Mulanya fitur ini menjadi fitur eksklusif di smartphone Google Pixel dan Android One, namun kini perlahan para OEM mulai memberikan fitur ini ke smartphone mereka.

Kalau kamu ingin mematikan fitur ini, kamu bisa langsung ikuti petunjuk berikut ini

  • Buka menu Settings
  • Pilih Digital Wellbeing
  • Sentuh tombol tiga titik di pojok kanan layar dan Turn off usage access
  • Lakukan konfirmasi “Turn off in Settings
  • Kamu akan diarahkan ke Usage Settings, dan pilih Digital Wellbeing
  • Sentuh tombol tonggle “permit usage access” ke posisi mati

Menurut kamu gimana, apa yang sudah pernah coba sendiri?

via The Verge, Reddit 1, 2

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.