Seperti yang sudah kita ketahui bersama, perseteruan perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok berbuntut pada Huawei yang masuk dalam daftar hitam perdagangan AS. Akibatnya Huawei kini tak bisa lagi memakai Android dan semua produk Google.

Hal tersebut terus memanas hingga kini dan pada akhirnya (di halaman Android Developer), Google resmi mengeluarkan ponsel Huawei Mate 20 Pro dari daftar uji coba Android Q yang saat ini sudah sampai hingga tahap build ke-3.

via Toms Guide

Seperti yang kamu tahu, Huawei Mate 20 Pro termasuk ke dalam 21 smartphone yang bisa mencicipi manisnya Android Q terlebih dahulu, bersama dengan Asus, Nokia, Sony dan yang lainnya. (Baca: Android Q Beta 3 Resmi Tersedia untuk 21 Smartphone dari 13 Brand)

Memang belum bisa dipastikan bagaimana kelanjutan akan hal ini, karena secara tak terduga (semalam) Google sendiri justru malah memperpanjang kerja sama dengan Huawei hingga 90 hari ke depan, yang artinya ponsel terbaru milik Huawei tetap bisa menggunakan Android (termasuk patch keamanan) dan berbagai layanan Google hingga 90 hari ke depan (hingga tanggal 19 Agustus 2019).

So, untuk informasi terbaru yang lebih detail akan hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via Android Developer | CNBC

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.