via GSMArena

Seperti yang kita ketahui bersama, efek Ban Huawei saat ini sedang menggema di Amerika Serikat dan karena hal tersebut banyak sekali perusahaan asal Amerika (tak terkecuali Google) memberhentikan kerjasama mereka yang mana berarti Huawei tak boleh lagi menggunakan OS Android serta layanan mereka.

Baca juga:

Untuk mengantisipasi hal tersebut, mereka (Huawei) dikabarkan sudah mempersiapkan OS besutan sendiri yang dinamai sebagai HongmengOS untuk wilayah China dan Ark OS untuk internasional. Tapi, Huawei sepertinya masih kurang yakin dengan OS besutan mereka sendiri karena saat ini mereka dikabarkan tengah mencari alternatif jika seandainya HongmengOS atau Ark OS tersebut gagal.

Pilihan utama Huawei jika seandainya HongmengOS atau Ark OS gagal adalah Sailfish OS! Sebenarnya bukan Sailfish OS yang sesungguhnya yang nantinya akan digunakan pada ponsel Huawei, melainkan bagian dari custom ROM tersebut yang dinamai sebagai Aurora OS dan kabarnya, Huawei sudah berbincang dengan Konstantin Noskov yang merupakan salah satu pengembang dari Aurora OS untuk mencoba custom ROM di beberapa seri perangkat Huawei.

Memang belum ada kesepakatan yang tercapai antara Huawei dengan pihak Aurora OS. Jadi, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nanikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via The Bell

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.