via The Next Web

Masih ingatkah kamu dengan adanya sebuah aplikasi palsu berkedok update software untuk smartphone Samsung? Kini Google akhirnya menarik aplikasi tersebut dari Google Play Store.

Google mendepak aplikasi palsu tersebut setelah melanggar kebijakan Google sehingga pihaknya melakukan suspend terhadap aplikasi ini. Kendati demikian, Google tak menjelaskan secara spesifik kebijakan apakah yang dilanggar aplikasi ini.

“Menyediakan pengalaman yang aman dan terjamin adalah prioritas utama dan kebijakan pengembang Google Play kami dengan tegas melarang aplikasi yang menipu, jahat, atau yang ditujukan untuk disalahgunakan atau menyalahgunakan jaringan, perangkat, atau data pribadi. Ketika pelanggaran ditemukan, kami ambil tindakan,” kata Google dalam pernyataannya.

Aplikasi yang bernama “Updates for Samsung” saat ini sudah tidak bisa ditemukan di Google Play Store.

Baca juga:

Sebelumnya, Updato, pengembang aplikasi ini mengatakan kepada media BleepingComputer, untuk menarik fitur update firmware serta pembayaran yang tidak menggunakan jalur resmi Google yakni Google Pay. Tapi sang pengembang nampaknya tetap membela diri dengan mengatakan “demi kenyamanan pengguna.”

Aplikasi palsu ini ditemui oleh CSIS Security Group. Aplikasi ini menjanjikan penggunanya akan mendapatkan update software Android. Namun untuk menggunakannya, penggunanya harus membayar sejumlah uang. Pembayaran pun tak memakai jalur resmi Google, sehingga keamanan data pun tak bisa terjamin sepenuhnya.

Ada sebanyak 10 juta lebih pengguna Android yang mengunduh aplikasi ini, termasuk beberapa diantaranya pengguna dari Indonesia. Bisa saja beberapa diantaranya sudah tertipu dan mengalami kerugian karena sudah membayarnya.

Gimana komentar kamu?

via The Verge

  Upgrade Perlengkapan YouTube di 2020..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.