Korban Samsung Galaxy Note 7 Kembali Bertambah

Smartphone terkadang mengeluarkan panas yang berlebihan dan tentu saja itu mengganggu kenyamanan user ketika menggunakannya. Nah, jika kamu mengalami hal ini, maka dikesempatan kali ini DroidPoin akan coba memberitahu apa yang menyebabkan ponselmu menjadi panas dan bagaimana cara mengatasinya!

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel menjadi panas:

  1. Ponsel yang panas itu bisa jadi karena kamu menggunakannya terlalu sering, contohnya saja bermain game yang intensif.
  2. Layar ponsel yang sensitif bisa jadi salah satu penyebab ponsel kamu menjadi panas, kenapa? Karena terkadang layar akan aktif ketika kamu tinggalkan (atau ketika dimasukan ke saku) karena sentuhan tak terduga dan kebetulan layarnya tidak kamu kunci.
  3. Penggunaan kamera yang intensif juga bisa menjadi salah satu penyebab ponsel kamu menjadi panas loh, apalagi kamu gunakan kamera untuk merekam video dengan panjang lebih dari 20 menit.
  4. Coba cek flash light, kejadian ini sering saya alami sendiri (karena layar ponsel milik saya sangat sensitif, sehingga secara tak sengaja quick action untuk menyalakan flash ligth tersentuh) dan karena flash light menyala dalam jangka waktu yang lama, ponsel menjadi sangat panas.
  5. Konektivitas yang sering (selalu terhubung ke jaringan) bisa menjadi salah satu penyebab ponsel kamu menjadi panas, apalagi jika kamu jadikan ponsel kamu sebagai modem / Wi-Fi, pastinya ponsel tersebut akan semakin panas.
  6. Selama ini ponsel menjadi panas biasanya dikarenakan keteledoran pengguna, tapi dalam beberapa kasus bisa jadi disebabkan karena hardware yang cacat, sebagai contoh ketika berbagai ponsel menggunakan Snapdragon 810 yang panasnya itu di atas rata-rata atau kasus Galaxy Note7 yang tidak mungkin kamu lupakan.

Itu tadi beberapa penyebab ponsel menjadi panas, kalau kamu punya faktor penybab yang lain, silakan beritahu di kolom komentar. Terus, gimana cara mengatasi panas yang berlebihan pada ponsel?

via BGR

Ada beberapa hal yang sudah pernah DroidPoin lakukan untuk mengatasi masalah ini dan tampaknya cuma ada 3 tips ampuh, yakni:

Pertama, kamu bisa menggunakan case untuk ponsel kamu. Akan tetapi, penggunaan case ini seperti pisau bermata dua, pasalnya disatu sisi hal tersebut tidak akan mengurangi panas pada ponsel kamu, tapi disisi lain ada beberapa case yang mampu mendistribusikan panas secara merata ke seluruh body ponsel (bukan hanya di satu titik), sehingga panasnya mampu berkurang dan ponsel jadi jauh lebih nyaman untuk digunakan.

Kedua, untuk kamu yang layarnya sensitif, kamu bisa pasang tempered glass atau pelindung layar lainnya, dan jangan lupa untuk mengurangi brightness pada layar yah, karena hal ini cukup berpengaruh dalam pengeluaran panas.

Ketiga, untuk sesaat matikan semua jaringan di ponsel kamu dengan mengatifkan mode airplane atau (jika perlu) lakukan restart pada ponsel kamu, jika panasnya sudah berlebihan.

Itulah dia gaes apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi pansa yang berlebihan pada ponsel kamu, semoga bermanfaat! 😁

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.