Samsung pernah menyindir Apple yang memutuskan tak lagi menggunakan jack audio. Tapi kini Samsung justru malah ikut-ikutan menghilangkannya pada duo Galaxy Note 10 yang dirilis kemarin. Apa alasannya?

Hal ini justru menjadi sebuah kontroversi bagi Samsung meski saat ini beberapa ponsel kelas flagship, termasuk Galaxy S10 masih memiliki jack audio. Ternyata ada alasan lain yang membuat Samsung harus menghapus lubang audio 3.5mm ini.

Kepada The Verge, Samsung mengatakan pihaknya butuh ruang tambahan khususnya pada baterai di Galaxy Note 10. Baterai ini punya kapasitas yang lebih besar, sekitar 100mAh, yang artinya sekitar 2-3 persen lebih besar dibanding sebelumnya.

Baca Juga:

Selain itu Samsung juga meningkatkan haptic feedback untung mengisi ruang yang kosong setelah memasukkan baterai tersebut, setelah tidak adanya lubang jack audio.

Sebagai jawaban atas hilangnya lubang jack audio ini, Samsung telah memberikan aksesori konverter jack audio ke USB type-C dalam paket Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+. Jika hilang, aksesoris ini bisa dibeli di toko atau website Samsung.

Bagi mereka yang memiliki headset ataupun headphone Bluetooth, ini bukan menjadi masalah. Tapi memberikan aksesoris ini setidaknya bisa menjadi solusi bagi yang tidak memiliki headset Bluetooth, meski dibuat lebih repot dengan harus membawa konverter ini kemana-mana.

Belakangan ini beberapa smartphone juga mulai menghilangkan lubang jack audio 3.5mm. Sebut saja Google Pixel 3 dan 3XL, OnePlus 6T, hingga Huawei P30 Pro. Bahkan smartphone seperti Motorola Moto Z yang dirilis tahun 2016 lalu juga tidak memilikinya.

Apa komentar kamu?

via The Verge

  Nyesel Beli Telkomsel By.U..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.