via Straitstimes

Q2 2019 baru saja berlalu dan ternyata ada hal menarik seputar market share ponsel di wilayah China!

Seperti yang kita ketahui bersama, efek “ban Huawei” sangat meresahkan karena berbagai perusahaan Amerika Serikat tidak di izinkan untuk bekerja sama dengan Huawei hingga batas waktu yang tidak ditentukan, walaupun akhirnya tidak jadi. Tapi dibalik itu semua, ternyata efek “ban Huawei” seakan menjadi skenario yang baik bagi bisnis ponsel Huawei loh. Mungkin karena rasa nasionalisme yang tinggi, banyak orang di China yang beralih menggunakan Huawei ketimbang produk lainnya.

Berdasarkan data yang diberikan IDC, pada Q2 2019 Huawei mendapatkan peningkatan yang sangat signifikan! Huawei berhasil menjual smartphone miliknya hingga angka 36.3 juta, meningkat hingga 27% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menjual 28.5 perangkat. Tentu saja hal ini membuat market share Huawei meningkat dari 27.4% ke 37% untuk periode yang sama dan kamu harus tahu, cuma Huawei yang mendapatkan peningkatan diantara OEM lain seperti Apple, Oppo, Vivo, Xiaomi dan yang lainnya.

via IDC

Tapi disatu sisi harus ada yang menjadi korban karena keperkasaan dari Huawei dan tampaknya Xiaomi lah yang harus menelan pil pahit tersebut! Masih berdasaran sumber yang sama, Xiaomi mendapatkan penurunan yang cukup signifikan di Q2 2019 (jika dibandingkan dengan OEM lain) dan hal tersebut berbanding terbalik dengan Huawei, mereka mengalami penurunan penjulan hingga 19,3% dibandingkan periode tahun lalu dan membuat market share mereka anjlok ke angka 11,9% (sebelumnya 13,9%).

Tentu saja ada banyak faktor yang membuat hal ini bisa terjadi. Tapi kalo menurut DroidPoin, dari sekian banyak faktor yang sudah ada, mungkin yang paling berpengaruh akan hal ini adalah efek “ban Huawei”. Kalau menurut kamu gimana?

via IDC

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.