via HMD Global/Nokia

HMD Global resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya yang menjadi suksesor Nokia 7.1, yakni Nokia 7.2. Ponsel ini dibekali dengan kamera 48MP dengan lensa dari ZEISS. Berapa harganya?

Bodi berlapis kaca, spesifikasi papan tengah

Nokia 7.2 memiliki desain layaknya smartphone baru kebanyakan saat ini dimana layarnya minim bezel, serta notch tetesan air di atasnya. Sayangnya bezel sedikit tebal di bagian bawah untuk memuat logo “Nokia”. Bodinya dari rangka aluminium dengan bagian belakang berlapiskan kaca Gorilla Glass 3.

Baca Juga:

Pada bagian sampingnya, disediakan tombol khusus untuk Google Assistant. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, yakni Charcoal, Cyan Green dan Ice.

via HMD Global/Nokia

Dari segi spesifikasinya, HMD membekali Nokia 7.2 dengan layar IPS 6.3 inch dengan resolusi Full HD, serta dukungan PureDisplay yang bisa mengubah konten biasa menjadi HDR. Prosesornya octa-core Snapdragon 660, dengan RAM sebesar 4GB atau 6GB, dan kapasitas memori internal 64GB atau 128GB.

Kamera belakang 48MP berlensa ZEISS, tanpa sidik jari di layar tapi ready Android 10

Kamera belakang Nokia 7.2 ini ada tiga buah, yang dijadikan satu frame berbentuk bulat dan lebih menonjol. Kamera utamanya beresolusi 48MP, dengan sensor size 1/2″. Kamera ini sudah memakai teknologi Quad Pixel yang bisa menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel. sehingga hasil foto menjadi lebih detail, dan mampu diajak foto low-light.

via HMD Global/Nokia

Kemudian kamera keduanya adalah lensa wide angle 118° beresolusi 8MP, dan ada sensor depth 5MP. Sementara kamera depannya beresolusi 20MP. Kameranya ini menggunakan lensa dari ZEISS optics, dan sudah dilengkapi dengan beragam fitur kamera seperti ZEISS Modern, ZEISS Swirl dan ZEISS Smooth untuk fungsi efek bokeh, hingga Dual-sight.

Namun tak seperti smartphone Android kelas menengah lain yang sudah mengadopsi sensor sidik jari di layar, Nokia 7.2 ini masih mengandalkan sensor sidik jari konvensional pada bagian belakangnya. Smartphone ini turut mempunyai fitur face unlock, koneksi NFC, hingga jack audio 3.5 mm.

via HMD Global/Nokia

Seperti smartphone Nokia lainnya, Nokia 7.2 masuk ke dalam keluarga Android One yang menawarkan tampilan Android murni dan jaminan update hingga 2x update major. Ini artinya Nokia 7.2 akan mendukung Android 10 nantinya.

Nokia 7.2 menjalankan OS Android 9.0 Pie, dengan baterai sebesar 3500 mAh.

Harga dan Spesifikasi Nokia 7.2

Harga– RAM 4GB/64GB memori: 299 Euro (sekitar Rp 4,6 jutaan)
– RAM 6GB/128GB memori: 349 Euro (sekitar Rp 5,4 jutaan)
Sistem OperasiAndroid 9.0 Pie
Dimensi159.92 x 75.15 x 8.25 mm
Berat180 gram
LayarIPS 6.3 inch, resolusi Full HD+, ratio 18.5:9, PureDisplay, Gorilla Glass 3
ProsesorOcta-core, Snapdragon 660
GPUAdreno 512
RAM4GB / 6GB
Memori Internal64GB / 128GB
MicroSDYa, hingga 512GB
Kamera BelakangTriple camera:
– Utama: 48MP, sensor size 1/2″, Quad Pixel
– Ultra-wide: 8MP, 118°
– Depth: 5MP

ZEISS optics, Autofocus, LED flash, video 4K
Kamera Depan20MP
Fitur KameraHDR, Timer, Panorama, Geo-tagging, AI, Dual-sight, ZEISS Modern, ZEISS Swirl, ZEISS Smooth, Night mode, Beautify
Koneksi4G LTE, VoLTE, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, USB type-C, NFC (untuk beberapa negara tertentu), jack audio 3.5 mm, GPS, GLONASS, Beidou
SensorAccelerometer, Proximity sensor, Ambient light, Gyroscope, Magnetometer, Fingerprint sensor, RGB sensor
Fitur LainFace unlock, tombol Google Assistant
SIMDual SIM
Baterai3500 mAh
Pilihan WarnaCharcoal, Cyan Green, Ice

  Apple Watch LOW BUDGET..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.