Smartphone 5G kedepannya akan menjadi lebih terjangkau setelah Qualcomm akhirnya meluncurkan chipset Snapdragon seri 7 terbaru, yang dilengkapi dengan modem 5G, Snapdragon X50.

Meskipun baru akan dihadirkan mulai kuartal pertama 2019 mendatang, dua pabrikan smartphone yakni Realme dan HMD Global lewat smartphone Nokia, sudah berancang-ancang meluncurkannya.

Realme lewat rilisnya mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan smartphone 5G baru yang ditenagai chipset Snapdragon seri 7 yang dilengkapi 5G ini. Lebih lanjut lagi, smartphone ini bisa digunakan di semua negara-negara penting dan di seluruh jaringan.

Ini artinya smartphone ini bisa digunakan baik di jaringan 5G standalone, ataupun non-standalone (NSA), alhasil smartphone lebih fleksibel.

Realme juga mengatakan chipset Snapdragon 7xx dengan 5G ini menggunakan proses fabrikasi 7nm. Didalamnya sudah ada generasi terbaru Qualcomm AI Engine, serta Snapdragon Elite Gaming yang bakal memanjakan para gamers seperti membuat smartphone lebih gegas saat bermain game dan grafis yang meningkat. Sayangnya, Realme belum menyebutkan kapan smartphone 5G perdananya ini akan diluncurkan.

Selain smartphone 5G, Realme juga berminat membuat smartphone dengan chipset Snapdragon 855 Plus. Tapi tak dikatakan apakah sudah mendukung 5G atau tidak, begitupula dengan rilisnya.

HMD Global juga menyatakan ketertarikannya membuat smartphone 5G. Lewat akun Twitternya, CPO HMD Global Juho Sarvikas tertarik mengembangkan smartphone 5G bersama Qualcomm.

Hal ini turut diamini presiden Qualcomm, Cristiano R. Amon. Dugaannya, ssmartphone Nokia dengan koneksi 5G ini diduga juga memakai chipset Snapdragon seri 7, sehingga besar dipastikan smartphone 5G perdana mereka justru merupakan smartphone kelas menengah.

Sebelumnya HMD Global juga sudah mengutarakan niatnya menghadirkan smartphone 5G dengan harga yang separuh lebih murah dibandingkan smartphone 5G saat ini, dan akan dirilis tahun 2020 mendatang.

Chipset Snapdragon seri 7 dengan 5G ini bakal menjadi chipset Snapdragon pertama yang mengintegrasikan modem 5G pada chipset. Dukungan 5G juga akan dihadirkan di chipset Snapdragon seri 6.

Baik Snapdragon seri 6 ataupun 7 dengan 5G, mereka mempunyai Snapdragon 5G Model RF-System yang menawarkan jangkauan jaringan yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah, dengan dukunga jaringan frekuensi mmWave dan sub-6 GHz. Chipset ini juga mendukun mode jaringan TDD dan FDD, serta 5G multi-SIM dan Dynamic Spectrum Sharing.

Selain Realme dan HMD Global, beberapa pabrikan smartphone lain juga ingin membuat smartphone dengan chipset Snapdragon 6 ataupun 7 berkoneksi 5G ini. Mereka adalah Oppo, Redmi, Vivo, Motorola, dan LG.

via Gizbot, Android Authority

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.