Kalau urusan transfer file, perngkat milik Apple masih menjadi jawaranya dikarenakan ada fitur bernama AirDrop yang mana sangat memudahkan pengguna dalam berbagi file. Tapi, Gooogle perlahan-lahan mulai menyaingi hal tersebut dengan Android Beam, sayangnya fitur tersebut tidak maksimal karena tidak semua perangkat Android memiliki NFC dan pengiriman file pun kalah cepat dengan aplikasi pihak ketiga yakni SHAREit.

Nah, karena hal tersebut Google dipastikan akan mematikan fitur Android Beam pada Android 10 dan menggantinya dengan sesuatu yang baru yakni sebuah fitur bernama Fast Share. Fitur ini tampaknya akan menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya, jika sudah terhubung nantinya fitur ini akan menggunakan Wi-Fi Direct untuk mentransfer file.

Tentu saja cara ini jauh lebih cepat daripada mentransfer melalui Bluetooth ataupun menggunakan fitur Android Beam. Kabarnya, kamu dapat mentransfer file besar (hingga ukuran gigabyte) menggunakan fitur Fast Share ini. Aplikasi Files by Google juga memiliki alat berbagi file yang serupa, tetapi pengirim dan penerima yang dituju perlu menginstal aplikasi Files by Google terlebih dahulu untuk dapat berbagai file.

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, Fast Share adalah bagian dari layanan Google Play Services. Layanan Google Play sendiri sudah diinstal di hampir semua perangkat Android bersertifikat, yang artinya ada lebih dari 2,5 miliar perangkat aktif yang bisa menggunakan fitur ini. Tapi, Fast Share kemungkinan besar cuma tersedia pada OS Android terbaru dan belum ada rincian mengenai hal ini.

via XDA-Developer

Fitur Fast Share ini bisa kamu temui di menu Settings > Connected devices > Connection preferences, dan cara pengirimannya pun cukup mudah! Ketika ada file yang ingin kamu bagikan ke perangkat lain, nantinya akan muncul opsi berbagi file menggunakan Fast Share dan tinggal atur saja. Selain ke Pixel, fitur Fast Share ini kabarnya bisa digunakan untuk mengirim file ke Chromebook juga loh!

via XDA-Developer

Sedangkan untuk perangkat yang akan menerima file, cara penerimaannya sendiri cukup mudah, pastikan perangkat kamu sudah terdeteksi (terlihat) dan setelah itu tinggal izinkan berbagi file dengan Fast Share dan file tadi akan mulai dikirim.

Belum ada kabar kapan fitur Fast Share akan tersedia di Android 10, tapi banyak yang memprediksi jika fitur ini baru akan memulai debutnya pada update Android 11 yang dirilis tahun depan. So, mari kita nantikan saja bersama solusi dari Google akan hal ini beberapa waktu ke depan, dan jika nanti ada informasi baru seputar hal ini, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

via XDA-Developer

  Banyak yang Bingung Milih Hape Ini  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.