Android 10 sudah dirilis sejak awal bulan ini, tepatnya pada tanggal 3 September lalu dan sudah sekitar 2 minggu lebih pengguna Pixel dan Essential Phoe bisa menikmati update tersebut. Tapi, tahukah kamu ternyata masih ada cukup banyak fitur di Android 10 yang belum diirilis loh hingga saat ini!

Nah, baut kamu yang penasaran kira-kira apa saja fitur Android 10 yang belum dirilis hingga saat ini, berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Deskop Mode

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini, pasalnya sebagian besar ponsel Android flagship seperti Samsung dan Huawei sudah bisa melakukan hal serupa. Tapi, Google berencana untuk menghadirkan fitur ini ke setiap perangkat Android loh!

Tentu saja ini merupakan kabar baik, pasalnya smartphone kamu bisa jadi seperti PC. Tapi, ada beberapa isu yang mengganggu jika nantinya fitur ini tersedia dan bisa digunakan oleh semua perangkat Android. Pertama, pastinya pengalaman pengguna akan berbeda-beda tergantung spesifikasi ponsel yang mereka miliki dan yang kedua, kamu memerlukan alat tambahan seperti dock, eksternal monitor, keyboard dan yang lainnya.

So, mari kita nantikan saja bersama kapan Google akan membawa fitur ini tersedia di setiap perangkat Android.

2. Screen Recording

via 9to5Google

Akhirnya…… Google mendengarkan salah satu permintaan yang paling banyak diminta oleh user Android. Yups, betul sekali, di Android 10 kamu bisa merekam layar tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, karena kini Android punya perekam layar bawaan!

Sayang, fitur ini masih berada dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan tersedia di Android 10. Tapi jika dilihat dari status pengembangannya, bisa jadi fitur ini tersedia dalam beberapa bulan ke depan atau bahkan lebih cepat.

3. Live Caption

Live Caption merupakan sebuah fitur yang akan menampilkan semacam caption (subtitle) dari berbagai media yang menampilkan suara entah itu video, podcast dan semacamnya. Tujuannya sangatlah jelas, tentu saja agar sang penonton dapat lebih mudah memahami apa yang diucapkan oleh sumber suara karena terkadang ada beberapa kata yang mirip dan sulit dibedakan.

Fitur ini tidak memerlukan koneksi internet loh, karena kamu hanya memerlukan semaca data (Live Caption) berukuran 80MB pada internal kamu dan kamu langsung bisa mengatifkannya ketika audio pada video, podcast, dan berbagai hal lainnya dimulai, termasuk video call! Sangat keren bukan?

Sayangnya, fitur ini memerlukan spesifikasi hardware khusus dan tampaknya ketika pertama diresmikan cuma beberpa ponsel saja yang bisa menikmati fitur ini. Kalau menurut Google, Live Caption bakal tersedia mulai musim gugur tahun ini bersamaan dengan dirilisnya generasi Pixel terbaru (bulan Oktober mendatang).

4. Bubbles

via Greenbot

Bubbles merupakan salah satu fitur yang menarik di Android 10 dan hingga kini belum dirilis. Mengapa?

Perlu kamu tahu, Bubbles ini cara kerjanya mirip seperti Messengers Facebook, dimana akan memunculkan sebuah lingkaran kecil di layar yang begitu berguna. Alih-alih menunjukan notifikasi, Bubbles bisa melihat detail pesan, panggilan telepon dan berbagai hal lainnya, bahkan kamu bisa membalas pesan tersebut secara langsung atau membiarkannya. Hal ini bisa sangat bermanfaat dan bisa pula mengganggu kenyamanan kamu. Pasalnya, kamu akan mendapati seluruh layar ponsel kamu didominasi oleh Bubbles jika kamu berinteraksi dari fitur tersebut.

Maka, tak heran jika Google masih belum mau merilis fitur ini hingga kini dan masih mencari solusi terbaik.

5. Kustomisasi Tema

via 9to5Google

Buat kamu yang belum tahu, Android 10 sudah bisa melakukan kustomisasi tema jauh lebih luas dibandingkan versi Android sebelumnya! Bukan hanya sekedar merubah tema dari terang ke gelap saja, tetapi kamu juga bisa mengubah warna dimenu system accent, huruf (font) bahkan Google nantinya bakal memberikan Pixel semcam tema eksklusif seperti pada ponsel Xperia loh!

Baca juga:

Sayang, belum ada informasi kapan fitur kustomisasi ini akan hadir di Android 10, tapi beberapa fitur yang tadi DroidPoin sebutkan sudah bisa kamu temukan di menu opsi developer.

Jadi, mana fitur yang paling kamu nantikan? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.