Smartphone layar lipat pertama dari Huawei, Mate X gagal mencuri panggung setelah ditunda penjualannya dan dikalahkan dengan lebih dulunya penjualan Samsung Galaxy Fold. Tapi nampaknya sudah tak perlu menunggu lama lagi menantikan Mate X.

Huawei membocorkannya secara langsung lewat Huawei support. Salah satu customer service officer mereka, Guan Wei mengatakan Mate X akan diluncurkan di Tiongkok pada Oktober mendatang.

Ia juga mempersilahkan peminat Huawei Mate X untuk tetap melihat website resmi Huawei, situs forum Huawei, dan akun resmi Weibo untuk mendapatkan update terkini info rilis Mate X.

Baca Juga:

Besar dipastikan, setelah resmi diluncurkan di Tiongkok pada bulan Oktober nanti, smartphone layar lipat ini kemudian dipasarkan secara global pada November mendatang.

Sebelumnya Mate X memang diketahui telah masuk dalam ‘dapur’ lembaga sertifikasi Tiongkok, TENAA. Dari sini, terungkap adanya sedikit perbaikan dan penambahan dari Mate X yang pertama kali diumumkan pada MWC 2019, Februari lalu.

Perbedaannya ada pada tombol power yang sekaligus merupakan sensor sidik jari yang dibuat lebih mendatar, tidak terlalu menonjol. Sementara itu pada bagian belakangnya kita akan menjumpai satu kamera tambahan yang merupakan sensor ToF.

Smartphone ini diyakini akan tetap mempertahankan spesifikasi yang dimilikinya saat pengumumannya di Februari lalu. Mate X memiliki layar OLED 8 inch beresolusi 2480 x 2200 pixel, lalu prosesor 7nm Kirin 980 plus modem 5G Balong 5000.

Kemudian memorinya sebesar 512GB dengan RAM 8GB, dan dukungan slot microSD. Saat pengumumannya, Mate X dibekali dengan 3 kamera belakang dengan resolusi 40MP+8MP+16MP. Ia menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan baterai 4500 mAh.

Tapi sayangnya hampir dipastikan Huawei Mate X tampil tanpa menggunakan aplikasi dan layanan Google, sehingga kamu tidak akan bisa menemukan Google Play Store, Gmail, Google Maps, YouTube, Chrome dan lainnya di Mate X. Sistem operasi Android yang akan digunakannya pun kemungkinan adalah versi AOSP.

Kita nantikan saja kiprahnya.

via Gizmochina

  Laptop Paling Canggih..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.