via GSMArena

Ternyata, bukan cuma Motorola saja yang tertarik untuk menggunakan chipset Exynos buatan Samsung. Kabar terakhir yang DroidPoin terima menyebutkan jika Vivo juga tertarik untuk menggunakan chipset buatan Samsung tersebut, bahkan pihak Vivo sudah mengonfirmasi jika mereka akan menggunakan chipset Exynos 980 5G di salah satu ponsel miliknya!

Buat kamu yang belum tahu, Exynos 980 5G merupakan chipset mid-range besutan Samsung yang sudah terintegrasi dengan modem 5G. Chipset dengan fabrikasi 8nm tersebut punya dua inti Cortex-A77 dan enam inti Cortex-A55, serta dukungan GPU dan NPU Mali-G76 MP5. Modem 5G yang terintegrasi dengan chipset Exynos 980 kabarnya menjanjikan kecepatan download hingga 2.55Gbps dan jika dikombinasikan (dengan jaringan 4G), maka kecepatan download-nya bisa mencapai 3.55Gbps.

Sebenarnya, bukan cuma Samsung saja yang sudah mempersiapkan chipset mid-range dengan koneksi 5G. Qualcomm yang saat ini menjadi produsen chipset utama untuk sebagian besar OEM Android juga sudah mengambil ancang-ancang akan hal ini, dan kabarnya mereka akan memperkenalkan Snapdragon 6XX dan 7XX dengan dukugan koneksi 5G di akhir tahun nanti.

Semakin lama, hal ini menjadi semakin menarik saja. DroidPoin bukannya ingin meremehkan Qualcomm soal teknologi dan performa chipset buatan mereka, tetapi Qualcomm harus selalu waspada karena suatu saat salah satu kompetitor mereka (entah itu MediaTek, Kirin ataupun Exynos) bisa saja menggulingkan Qualcomm dari tahtanya saat ini.

Kalau menurut kamu, OEM mana yang bakal tetap bertahan dengan Qualcomm dan mana yang akan beralih menggunakan chipset lain? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via ITHome

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.