via The Verge

Selalu ada alasan dibalik tindakan kontroversi yang dilakukan oleh Google. Jika beberapa waktu lalu mereka menjelaskan kenapa seri Pixel 4 tidak memiliki opsi perekaman video beresolusi 4K dengan 60 fps, maka dikesempatan kali ini mereka menjelaskan mengenai refresh rate layar di Pixel 4 yang memang sengaja dibatasi hanya 60Hz jika kecerahannya di bawah 75%.

Baca juga:

Google menjelaskan bahwa alasan mereka membatasi refresh rate layar pada Pixel 4 menjadi 60Hz dikarenakan layar akan berkedip dan itu akan sangat jelas terlihat apabila kecerahan tampilan layar kamu lebih rendah dari 75%. Hal ini dapat terjadi dikarenakan tampilan layar tak mendukung kecepatan refresh dinamis / adaptif yang sebenarnya, dan kecepatan refresh yang berbeda memerlukan kurva gamma yang berbeda (diperlukan adanya kalibrasi). Kurva gamma yang berbeda inilah yang sulit untuk dicocokkan secara sempurna, jadi perbedaannya mungkin akan terlihat ketikan beralih di antara dua kecepatan refresh rate layar dari 90Hz ke 60Hz.

Tapi kamu gak perlu khawatir, kamu bisa kok membuat refresh rate layar ponsel Pixel 4 kamu tetap berada di 90Hz selamanya. Caranya adalah dengan memaksa hal tersebut yakni kamu haru peri ke Settings -> System -> About phone, kemudian tap nomor build sebanyak 7 kali dan temukan Opsi developer di sub menu yang sama dan aktifkan opsi force 90Hz.

via XDA-Developer

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.