via 9to5Google

Dengan dirilisnya Android 10 serta iOS 13, banyak sekali pengguna yang berharap jika fitur dark mode dapat menghemat baterai ponsel mereka jauh lebih baik lagi. Tapi benarkah demikian?

Ya, betul sekali, dark mode memang dapat menghemat baterai ponsel kamu. Tetapi, dengan beberapa pengecualian!

Pertama, ponsel kamu harus menggunakan layar OLED / AMOLED dan yang kedua, walaupun kamu sudah mengaktifkan dark mode, pada kenyataannya dampak yang diberikan dark mode (daya tahan baterai) masih tergantung oleh faktor eksternal seperti penggunaannya, dukungan aplikasi dengan tema gelap, dan lain-lain.

Kenapa harus layar OLED / AMOLED?

Karena pada layar OLED / AMOLED, jika kamu mengaktifkan dark mode maka setiap pixel yang ada dilayar ponselmu akan benar-benar mati. Hal tersebut sayangnya tak berlaku jika kamu menggunakan layar LCD, karena mau menggunakan mode gelap ataupun terang, konsmusi daya ponsel dengan layar LCD tetaplah sama.

Hal ini sudah pernah di bahas oleh Google beberapa waktu lalu ketika mereka membandingkan Pixel generasi pertama dengan iPhone 7. Dimana semakin terang pencahayaan pada layar ponsel, maka semakin banyak daya yang diperlukan. Namun, hal tersebut berkebalikan ketika layar AMOLED di Pixel menggunakan tema gelap.

via Google

Pixel awalnya memakan daya sekitar 250 mA, sedangkan iPhone 7 memakan daya sekitar 230 mA. Nah, ketika mode gelap diterapkan, konsumsi daya pada ponsel Pixel menurun samapi 63% sehingga tersisa sekitar 92 mA, sedangkan iPhone 7 tetap pada posisi 230 mA.

via Google

Balik lagi ke awal, hal ini dapat terjadi karena layar AMOLED pada Pixel benar-benar mematikan Pixel ketika mode gelap diterapkan, sedangkan iPhone 7 masih menggunakan LCD yang mana tidak akan berpengaruh pada mode gelap ataupun terang.

Jadi, seberapa besar dampaknya?

Untuk yang satu ini, tergantung dari banyak faktor, tapi yang pasti Dark Mode benar-benar menurunkan konsumsi daya pada ponselmu jika layar ponsel kamu adalah OLED atau AMOLED.

via PhoneBuff

Kalau berdasarkan pengujian dari PhoneBuff dan juga Endgadget beberapa waktu lalu, iPhone seri terbaru yang menggunakan layar AMOLED dengan dark mode dalam kondisi aktif dan tanpa dark mode (white mode) punya gap yang sangat besar dalam daya tahan baterai, dimana perbandingannya hampir 25-30%!

Untuk lebih detail, kamu bisa cek video dari PhoneBuff menggunakan link yang sudah DroidPoin sediakan menggunakan link berikut.

Jadi, buat kamu yang bertanya-tanya apakah dark mode benar-benar menghemat daya ponsel kamu, maka jawabannya “Iya, benar. Dark Mode memang mampu menghemat baterai pada ponsel kamu“.

Tetapi dengan beberapa pengecualian, yang pertama ponselmu harus menggunakan layar OLED ? AMOLED dan satunya adalah faktor eksternal yang banyak sekali kalau disebutkan.

Semoga membantu 😁

  Upgrade Perlengkapan YouTube di 2020..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.