via The Rumorist

Pada bulan ini ada cukup banyak ponsel baru yang diperkenalkan di Indonesia dan sesuai janji DroidPoin pada awal bulan ini, DroidPoin akan mulai membagikan rekomendasi smartphone dimulai dari bulan Januari 2020.

Ada 4 artikel yang akan DroidPoin bagikan dalam waktu berdekatan dan untuk bagian pertama, tentu saja kita mulai dari rekomendasi smartphone budget terlebih dahulu dan untuk kamu yang udah penasaran, berikut adalah daftarnya:

*Untuk ponsel budget, DroidPoin hanya memberikan 3-4 rekomendasi perangkat di setiap serinya. Karena DroidPoin rasa ponsel budget cuma dijadikan sebagai ponsel cadangan (nomor dua) dan mungkin kegunaannya cuma sebagai pelengkap alat komunikasi tanpa harus melakukan pekerjaan berat seperti nge-game, multi-tasking banyak apps sekaligus dan berbagai hal lainnya.

1. Nokia 3.1 Plus

Bukannya DroidPoin ingin memihak Nokia atau merupakan salah satu dari die hard fans Nokia, tapi saya pribadi tak memungkiri jika Nokia 3.1 Plus sebenarnya adalah paket komplit dari sebuah ponsel budget. Kenapa?

Walaupun dirilis sudah cukup lama (pada akhir 2018), tapi kenyataannya ponsel budget yang satu ini tetap menggiurkan. Bukan cuma desainnya yang masih terbilang oke, tapi salah fitur yang ada di ponsel ini misalnya saja NFC, tak akan kamu temukan pada ponsel budget lainnya dan yang paling penting adalah dukungan software yang begitu jelas, karena setiap ponsel Nokia saat ini sudah tergabung dalam program Android One Google (Nokia 3.1 Plus juga dipastikan akan mendapatkan update Android 10 dalam waktu dekat).

Jika seandainya kamu kurang sreg dengan Nokia 3.1 Plus karena sudah teralu tua, mungkin kamu bisa ambil Nokia 4.2, dengan catatan spesifikasi yang kamu dapatkan sama seperti Nokia 3.1 Plus, tetapi harganya sedikit lebih mahal.

Kekurangan dari ponsel Nokia ya masih sama seperti sebelum-sebelumnya. Pertama, ponsel Nokia itu harganya jauh lebih mahal dan yang kedua ada dibagian spesifikasi, dimana Nokia tidak seperti brand tetangga yang benar-benar memberikan spesifikasi maksimal untuk kelas budget.

Harga: Rp 1,7 – 1,9 jutaan

2. Xiaomi Redmi Note 8

Kalau ngomongin soal ponsel budget, maka Xiaomi juaranya! Yups, dari sekian banyak ponsel budget yang ada di Indonesia, rata-rata didominasi oleh perangkat milik Xiaomi dan daripada kamu harus memilih Redmi 8A atau Redmi 8 yang notabene memang ponsel budget sesungguhnya, lebih baik kamu langsung pilih Redmi Note 8 sekalian! Kenapa?

Redmi Note 8 sebenarnya adalah ponsel midranger yang lebih condong ke arah ponsel budget, karena selisih harganya yang beda tipis dengan Redmi 8 (perbedaan harganya sekitar 300 ribuan antara Redmi 8 dan varian Redmi Note 8 paling rendah). Sehingga tidaklah sulit untuk memasukan ponsel ini ke dalam kategori ponsel budget.

Dengan spesifikasi yang lumayan “wah”, serta fitur-fitur kekinian seperti kamera dengan resolusi besar (48MP), baterai besar dengan dukungan fast charging (18W) dan juga sudah menggunakan USB Type-C, maka sangat masuk akal sekali jika Redmi Note 8 jadi primadona bagi yang saat ini sedang mencari ponsel budget dengan performa mumpuni.

Harga: Rp 2 – 2,8 jutaan

3. Infinix S5 Lite

Dan rekomendasi ponsel budget terakhir dari DroidPoin untuk bulan ini jatuh ke Infinix, dimana seri ponsel infinix S5 Lite menawarkan sesuatu yang berbeda! Yups, ponsel ini menawarkan desain layar punch-hole (infinity-O dislplay) untuk ponsel budget dan ini merupakan sesuatu yang harus diapresiasi. Pasalnya, ponsel yang menggunakan desain layar tersebut biasanya cuma ponsel kelas flagship saja loh.

Spesifikasinya pun gak buruk-buruk amat, kamu akan mendapatkan ponsel yang diotaki chipset dari MediaTek dengan kombinasi RAM + internal yang besar dan baterai yang lumayan besar pula. Berikut ini adalah detail spesifikasinya:

  • Layar IPS Punch Hole berukuran 6.6-inch dengan resolusi HD+
  • Chipset Octa-core Mediatek Helio P22 @2.0 GHz
  • RAM 4GB + Internal 64GB
  • Triple kamera utama:
    13 MP + 2 MP + QVGA AF dengan Quad-Flash Light
  • Kamera selfie 16 MP
  • Fingerprint & Face Unlock
  • Baterai 4000 mAh dengan XCharge 10W
  • XOS5.5 based Android 9 Pie

Harga: Rp 1,6 – 1,7 jutaan

Nah, itulah rekomendasi ponsel budget dari DroidPoin untuk bulan Januari 2020. Mungkin ada beberapa yang pro dan juga ada yang kontra akan hal ini, tapi tidak masalah karena ini merupakan pendapat masing-masing dan pastinya setiap orang punya pendapat yang berbeda.

Jadi kesimpulannya:

  • Nokia 3.1 Plus, sebuh paket lengkap dari ponsel budget. Walaupun spesifikasinya pas-pasan (ya maklum karena memang untuk menekan budget), tapi kamu bakal mendapatkan fitur lengkap dan juga dukungan software yang terjamin, bukan hanya berupa mayor update sebanyak 2x, tetapi juga security patch setiap bulan. Tapi, harganya mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan ponsel budget pada umumnya.
  • Xiaomi Redmi Note 8, ponsel midranger yang ramah dikantong sehingga lebih condong ke arah ponsel budget dan ponsel ini cocok untuk kamu yang mendambakan performa. Sebuah ponsel idaman yang cuma minus NFC dan mungkin MIUI (untuk kamu yang tidak suka dengan kustomisasi UI extreme, sampai ada rekomendasi berupa iklan lagi). 😉
  • Infinix S5 Lite, ponsel budget berdesain flagship dengan layar punch-hole untuk kamu yang sering ngerasa gengsian. Kelebihannya cuma ada di bagian desainnya aja yang terlihat sangat mewah, untuk sisanya bisa dibilang standar dan harganya pun ramah dikantong.

Kalau kamu gimana, apa kamu punya rekomendasi ponsel lain? Silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

  Jadi Ini SMARTWATCH TERBAIK Dibawah 2 Juta..?? 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.