via Android Authority

Teknologi layar fleksibel memang akan sangat mengubah tren desain smartphone saat ini. Pabrikan asal Tiongkok, TCL juga ingin menggunakan teknologi ini pada smartphone mereka, bahkan anti mainstream. Penasaran? Ini dia!

Sebuah sumber menyebut bahwa TCL akan memamerkan purwarupa atau prototype smartphone baru mereka di Mobile World Congress 2020 yang semula direncanakan akhir bulan ini. Tapi sudah pasti batal, sebab MWC sudah dibatalkan karena virus corona.

Namun sejumlah foto-foto render dari smartphone ini justru beredar lebih dulu sebelum dipamerkan. Dari foto inilah, terungkap desain smartphone TCL ini bak Transformers.

Layar rancangan smartphone TCL ini bisa ditarik dengan mekanisme slider, hingga bisa menjadi sebuah tablet dengan ukuran layar 7 inch. Satu hal yang cukup menarik, layar ini tak memunculkan adanya bagian yang beda tinggi, sehingga layar bisa tampak rata dan sempurna.

Di gambar ini kita juga bisa menjumpai adanya sebuah lubang di ujung layar atau punch-hole yang memuat dua buah kamera depan. Kemudian pada sisi kiri dan kanan layar smartphone ini terdapat bagian yang melengkung.

Sedangkan bodi belakang smartphone ini sepertinya menggunakan bahan dari kaca, karena tampak mengkilap. Lalu ada pula empat kamera belakang serta lampu LED flash, yang posisinya mirip dengan Huawei Mate X.

Meski begitu masih belum jelas bagaimana cara layar smartphone ini bisa memanjang, apakah menggunakan sistem roll-up atau bukan. Tapi satu hal yang pasti adalah layarnya menggunakan bahan plastik, sehingga elastis.

Karena layarnya bukan dari kaca, maka sudah dipastikan kalau layar smartphone TCL ini akan rentan tergores, layaknya smartphone-smartphone layar lipat lain seperti Samsung Galaxy Fold ataupun Motorola RAZR.

Hingga kini belum diketahui apa nama yang akan diberikan TCL untuk smartphone ini, begitupula dengan spesifikasinya. Namun diduga smartphone TCL dengan layar bermekanisme slider ini punya spesifikasi mumpuni, layaknya smartphone layar lipat lain.

TCL sendiri enggan berkomentar mengenai bocornya informasi salah satu purwarupa smartphone mereka ini. TCL juga belum mengumumkan pengganti acara mereka di MWC 2020.

Desain smartphone seperti ini cukup menarik nampaknya, mengingat saat ini layar fleksibel baru diimplementasikan di smartphone berdesain lipat.

Bagaimana menurut mu?

via Android Authority, CNET

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.