Salah satu masalah yang saat ini sedang dihadapi oleh Google adalah aplikasi-aplikasi yang memunculkan iklan, sehingga ada sekitar 600 aplikasi yang dilarang muncul di Google Play Store. Padahal seperti yang kamu tahu, Google mendapatkan cukup banyak keuntungan dari iklan!

Kenapa Google melarang aplikasi-aplikasi tersebut?

Berdasarkan informasi dari BuzzFeed News, ke-600 aplikasi yang dilarang oleh Google adalah aplikasi yang memunculkan iklan secara terus menerus sehingga mengganggu pengalaman pengguna secara menyeluruh ketika sedang menggunakan ponsel dan kebanyakan aplikasi tersebut berasal dari pengembang Do Mobile dan Cheetah Mobile.

Buat kamu yang belum tahu, Cheetah Mobile merupakan pengembang yang cukup populer di wilayah Asia, mereka menawarkan cukup banyak aplikasi utility untuk ponsel dan secara keseluruhan, aplikasi buatan mereka sudah di instal kurang lebih sebanyak 4,5 miliar kali loh!

Di masa mendatang, Google dikabarkan akan jauh lebih tegas lagi dalam menangani aplikasi yang terus menayangkan iklan (mengganggu) di ponsel mereka, kabarnya sih saat ini Google sudah menyiapkan inovasi (machine-learning) baru yang mampu mengidentifikasi aplikasi yang menampilkan iklan di luar konteks.

So, mari kita nantikan saja bersama bagaimana sepak terjang Google dalam memberantas aplikasi yang menayangkan iklan mengganggu di ponsel kamu.

via BuzzFeed News

  5 Gadget Favorit Bulan Ini, Mulai dari 290 Ribuan!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.