via TheCustomDroid

Seperti yang kamu ketahui, Android 11 Developer Preview 1 sudah dirilis oleh Google beberapa hari yang lalu dan tentu saja, pada build pertamanya ada banyak sekali fitur baru yang ditanamkan oleh Google.

Untuk kamu yang penasaran, kira-kira fitur baru apa saja yang ada di Android 11 Developer Preview 1, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. Penjadwalan Dark Theme

via 9to5Google

Buat kamu yang tidak terlalu suka menggunakan dark mode di siang hari, dikarenakan layar ponsel kamu kurang begitu cerah sehingga membuatmu sulit melihat apa yang tampil di layar, Google menanamkan fitur baru yang diberi nama sebagai penjadwalan dark theme. Fitur ini akan mengaktifkan dark theme secara otomatis berdasarkan waktu terbenamnya matahari dan akan mematikan fitur tersebut ketika matahari sudah terbit.

2. Gesture “Motion Sense” Baru untuk Pixel 4

via 9to5Google

Google menghadirkan inovasi baru yang dinamai sebagai Motion Sense, fitur tersebut menggunakan soli radar yang akan mendeteksi gesture dari tangan kamu, sehingga nantinya ponsel Pixel 4 kamu bisa digunakan tanpa harus menyentuh layarnya. Nah, di Android 11 Google menanamkan beberapa gestur baru yang salah satunya adalah β€œair-tapping” yang mana bisa membuat kamu menjeda dan melanjutkan musik yang sedang kamu putar.

3. Screen Recorder

via 9to5Google

Fitur yang penah hadir di Android 10 Developer Preview, namun batal dihadirkan ketika Android 10 resmi dirilis pada bulan September tahun lalu. Nah, kali ini fitur tersebut dihadirkan kembali oleh Google di Android 11 Developer Preview dengan segudang peryubahan. Walaupun masih jauh dari kata sempurna karena masih banyak sekali bug, tetapi amat disayangkan karena Google tak membekali fitur screen recorder ini dengan opsi perekaman audio dan pemilihan resolusi.

4. Pin Aplikasi di Share Menu

via 9to5Google

Pada Android 10, untuk mem-pin sebuah aplikasi ke layar home, kamu perlu men-tap dan tahan aplikasi yang kamu ingin pin, selanjutnya (abaikan jendela notifikasi share menu muncul) kamu tinggal drag dan lepas di halaman yang kamu inginkan. Tapi, di Android 11 nanti kamu cukup tap dan tahan, dan menu pin akan muncul di jendela notifikasi share menu.

5. Memunculkan Refresh Rate Layar

via 9to5Google

Saat ini banyak sekali ponsel yang mendukung refresh rate layar yang tinggi, salah satu diantaranya ada Google Pixel 4, dan Google tampaknya ingin memanfaatkan hal tersebut dengan merilis notifikasi berupa berapa refresh rate layar kamu saat ini.

Memang sepertinya fitur ini terbatas bagi ponsel tertentu dan juga tak terlalu berguna, tetapi jika kamu memunculkan refresh rate layar pada ponsel kamu, maka kamu bisa mengetahui apakah ada aplikasi dan game yang akan membuat frame rate ponselmu drop.

6. Dedicated Conversation di Notifikasi

via 9to5Google

Ini merupakan salah satu fitur yang amat berguna di Android 11 dan pastinya merupakan salah satu yang paling ditunggu. Pasalnya, notifikasi yang nantinya muncul dari berbagai apps tak akan ditampilkan di bagian atas. Bagian atas panel notifikasi, merupakan tempat khusus bagi aplikasi olah pesan.

7. Bluetooth tetap terhubung walaupun mengaktifkan Airplane Mode

via 9to5Google

Mungkin kamu udah banyak tahu kalau fitur ini akan hadir di Android 11. Dimana ketika kamu mengaktifkan mode airplane, maka perangkat bluetooth kamu masih akan tetap terhubung loh!

Nah, itu dia daftar fitur baru yang muncul di Android 11 Developer Preview 1. Fitur-fitur tersebut bisa jadi tetap bertahan hingga Android 11 official dirilis, tetapi bisa juga dibatalkan tergantung kebijakan dari Google.

Jadi, fitur mana yang kamu nantikan kehadirannya di Android 11? Sampaikan langsung di kolom komentar.

via Google | 9to5Google

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? πŸ”₯πŸ”₯  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.