via HMD/Nokia

Baru beberapa waktu lalu diluncurkan, HMD Global telah menyiapkan smartphone terbarunya, Nokia 5.3 untuk pasar Indonesia. Teka-teki kehadirannya mulai terkuak.

Smartphone ini diketahui telah mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian. Dalam laman Kemenperin tersebut, tertera smartphone dengan nomor model Nokia TA-1234. Nomor model tersebut merupakan milik Nokia 5.3.

Baca juga:

Pengajuan sertifikat ini dilakukan oleh PT. Halo Mobile Device Indonesia, yang merupakan perakit ponsel Nokia di tanah air. Nokia 5.3 lulus dengan tingkat kandungan lokal sebesar 30.60%.

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap perangkat dengan konektivitas 4G LTE yang akan dijual di Indonesia, wajib hukumnya memiliki kandungan dalam negeri minimal 30%. Tingkat kandungan dalam negeri tersebut bisa diperoleh melalui komponen hardware ataupun software seperti dengan memberikan aplikasi pre-installed di dalam ponsel.

Nokia 5.3 sendiri merupakan smartphone Android kelas menengah terbaru Nokia, sekaligus akan menggantikan posisi Nokia 5.1 Plus di Indonesia. Nokia 5.3 memiliki spesifkasi layar IPS sebesar 6.55 inch dengan resolusi HD+, dan aspect ratio 20:9.

Smartphone ini ditenagai prosesor octa-core Snapdragon 665, RAM dengan opsi 3GB, 4GB atau 6GB, dan memori internal 64GB. HMD masih menyediakan slot microSD yang muat hingga 400GB di Nokia 5.3 ini.

Smartphone ini memiliki empat kamera belakang, yang dibuat melingkar. Kamera utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8, lalu depth sensor 2MP, lensa ultra-wide 118° beresolusi 5MP, dan lensa macro 2MP. Ditengah keempat kamera tersebut ada sebuah lampu LED flash.

Untuk kamera depannya punya resolusi 8MP, dengan aperture f/2.0, yang cukup untuk selfie ataupun video call. Smartphone ini turut dilengkapi dengan kemampuan AI, Potrait Mode, dan Night Mode.

Nokia 5.3 ini dibekali dengan fitur NFC, dan menjalankan OS Android 10 yang dapat di-upgrade ke Android 11 karena tergabung dalam Android One. Nokia 5.3 mempunyai baterai sebesar 4000 mAh.

Dengan lolosnya Nokia 5.3 di TKDN ini, sudah memberi sinyal HMD akan memasarkan Nokia 5.3 di Indonesia dalam waktu dekat. Meski demikian, belum ada informasi kapan Nokia 5.3 akan dijual di Indonesia.

HMD sendiri mematok harga Nokia 5.3 dengan varian 4/64GB dengan harga 299 Euro, atau sekitar Rp 4,6 jutaan. Bisa jadi di Indonesia harganya akan lebih murah, tapi juga bisa lebih mahal.

Gimana komentar kamu?

  Review Xiaomi Mijia LCD Writing Tablet — Tablet Murah Cuman 285 Ribuan! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.