via Straitstimes

Dilarangnya Huawei untuk memasukkan aplikasi buatan Google ke dalam smartphone Android mereka, cukup membuat Huawei ‘pusing tujuh keliling’. Bos Huawei pun kembali menyampaikan ingin ada Google kembali di smartphone mereka.

Semenjak harus secara terpaksa meninggalkan Google, Huawei membuat berbagai aplikasi dan layanan buatan sendiri, termasuk toko aplikasi yang dinamai Huawei AppGallery (Baca: Apa itu Huawei Mobile Services (HMS)?). Toko aplikasi ini disediakan secara pre-installed di smartphone baru seperti Huawei Mate 30 dan P40.

Baca juga:

Toko aplikasi ini memang belum selengkap Google Play Store. Huawei masih terus merayu berbagai pengembang untuk dapat memasukkan aplikasi ke AppGallery. Salah satu yang dirayu Huawei, adalah Google.

Kepada CNBC, Rotating Chairman Huawei, Eric Xu berharap aplikasi dan layanan Google bisa tersedia di toko aplikasi AppGallery. Menurutnya, hal ini bisa dilakukan Google mengingat Google juga menyediakan berbagai aplikasi mereka di iOS dan ada di toko aplikasi Apple App Store.

“Kami berharap layanan Google dapat tersedia melalui AppGallery, seperti bagaimana layanan Google juga tersedia melalui Apple App Store,” kata Eric Xu.

Jika memang Google melakukannya, dampak terbesarnya tentu adalah para pengguna smartphone Huawei seperti Mate 30 series dan P40 series, khususnya yang berada di luar Tiongkok. Mereka dapat mengunduh aplikasi dan layanan Google di dalam smartphone tersebut.

Selain itu hadirnya aplikasi Google juga dapat meningkatkan penjualan smartphone Huawei, yang belakangan turut terimbas karena tidak adanya layana Google di smartphone terbaru Huawei.

Google sendiri menolak berkomentar terkait dengan hal ini.

Aplikasi dan layanan Google begitu penting dalam smartphone Android. Hal tersebut diungkap Bryan Ma, VP Device Research dari IDC. Menurutnya, Huawei bisa saja mendatangkan pengembang besar dalam AppGallery, tapi Huawei masih memerlukan aplikasi Google di AppGallery.

“Jadi, jika Huawei benar-benar bisa mendapatkan Google, maka itu akan menjadi tonggak penting,” ujarnya.

Sebelumnya Google diketahui tengah meminta lisensi bisnis ke pemerintah AS untuk dapat bekerja sama kembali dengan Huawei (Baca: Google Minta Izin Dibolehkan Kerja Sama Lagi dengan Huawei). Namun hingga kini belum ada jawabannya.

Lalu apa harapan kamu?

via CNBC

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.