via XDA

Huawei tak kekurangan akal selepas harus meninggalkan Google karena dilarang Amerika Serikat. Kini Huawei dilaporkan tengah menyiapkan sebuah aplikasi baru, yang berfungsi layaknya aplikasi Google.

Ya, aplikasi search engine tersebut dikabarkan dinamai Huawei Search. Informasi ini turut tersebar beserta dengan sejumlah tangkapan layar atau screenshot dari aplikasi ini. Dari screenshot tersebut tampak bahwa Huawei Search punya fungsi yang mirip dengan aplikasi Google pada ponsel Android.

Baca juga:

Aplikasi Huawei Search ini juga memiliki fungsi yang sama dengan Google Now, sehingga pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi lain seperti berita, harga saham, dan cuaca. Tampilannya juga dibuat mirip, berbentuk kartu-kartu. Aplikasi ini juga memiliki dua mode tampilan, light mode dan dark mode.

Berdasarkan halaman persetujuan pengguna, layanan yang digunakan Huawei dalam aplikasi ini adalah Aspiegel Limited. Aspiegel sendiri adalah anak usaha Huawei, yang berbasis di Irlandia.

Dari halaman tersebut juga mengatakan, pengguna harus memiliki Huawei ID untuk menggunakan layanan ini. Layanan ini juga hanya tersedia di perangkat Huawei sebagai sebuah aplikasi atau kolom pencarian yang di embedded dalam layanan Huawei, seperti Assistant.

Tapi aplikasi Huawei Search ini diketahui dapat di akses lewat browser web apapun hanya dengan menuju laman persetujuan pengguna tersebut. Diduga, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan WebView.

Namun untuk mesin pencari yang digunakan Huawei Search ini masih belum diketahui. Saat ditelusuri, hasilnya tidak ada hasil pencarian Huawei Search yang sama dengan mesin pencari populer seperti Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Yandex, Ask, ataupun AOL sekalipun.

Google sendiri masih menutup pintu ke Huawei, lantaran masih terbentur masuknya Huawei ke dalam daftar entity list pemerintah Amerika Serikat. Imbasnya, Huawei tak boleh menggunakan aplikasi dan layanan Google pada smartphone Android baru mereka.

Hingga kini belum ada informasi kapan Huawei akan meluncurkan aplikasi yang bakal dimasukkan ke dalam Huawei Mobile Service ini. Cukup menarik untuk kita nantikan bersama aplikasi ini.

via XDA, Pocket Lint

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.