Buat kamu yang belum tahu, beberapa waktu lalu ada kabar yang sedikit mengejutkan dimana seri Galaxy S20 yang dirilis di Korea Selatan, ternyata justru malah menggunakan chipset Snapdragon 865 ketimbang Exynos 990. Seharusnya sih, Samsung menjual seri smartphone Galaxy dengan chipset Qualcomm (Snapdragon) khusus untuk wilayah Amerika saja, lalu apa yang sedang terjadi saat ini?

Setelah diusut lebih dalam, ternyata banyak sekali yang mengkritik performa dari Exynos 990 milik Samsung, dimana rumornya chipset Exynos 990 tidak memiliki performa sebaik Snapdragon 865 milik Qualcomm. Namun, Samsung langsung membantah hal tersebut!

Samsung Galaxy S20 adalah smartphone yang dirancang ulang untuk mengubah cara Anda melihat dunia dan itu tergantung pada wilayahnya, karena Galaxy S20 akan dikirimkan dengan (dua chipset berbeda) Exynos 990 atau Snapdragon 865. Baik prosesor Exynos dan Snapdragon sudah melewati proses yang sama ketat dan skenario pengujian kehidupan nyata yang ketat untuk memberikan kinerja yang konsisten dan optimal di seluruh siklus hidup smartphone.

Menariknya, pernyataan dari Samsung tak sesuai dengan kenyataan dan berdasarkan hasil pengujian dari AnandTech, mereka memperlihatkan bahwa ada hal yang menarik terjadi di Exynos 990, dimana mereka harus menyimpulkan bahwa chipset Exynos 990 ternyata lebih inferior jika dibandingkan dengan Snapdragon 865.

AnandTech lebih lengkap menjelaskan bahwa Exynos 990 lebih sering memaksa kinerja dari GPU, sehingga hal ini akan memengaruhi frame rate dalam game jika user bermain dengan sesi yang lebih lama. Selain itu, ketika mode daya kinerja tinggi diaktifkan, Exynos 990 berperilaku “sedikit aneh” dan akan menimbulkan penalti daya yang cukup besar.

Tampaknya, gelombang komplain akan semakin menjamur diberbagai wilayah yang menggunakan chipset Exynos 990 dan DroidPoin sendiri kurang yakin jika masalah ini bisa diperbaiki hanya dengan patch.

Tetapi, jika nantinya Samsung memberikan pernyataan yang lebih detail mengenai hal ini di kemudian hari, DroidPoin pasti akan menyampaikan kembali informasi tersebut ke kamu.

Jadi, gimana tanggapan kamu mengenai hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar.

via AnandTech | Sammobile

  Review Xiaomi Mijia LCD Writing Tablet — Tablet Murah Cuman 285 Ribuan! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.