via Pocket-lint

Buat kamu yang belum tahu, perilisan dari ponsel midranger milik Google yakni Pixel 4a series mungkin tinggal menghitung hari. Namun, sebelum perangkat tersebut diresmikan, Apple mengirimkan serangan kilat yang amat mematikan dengan tujuan untuk menjegal langkah Pixel 4a dan benar saja, ketika iPhone SE 2020 dirilis, Pixel 4a terlihat tak memiliki ruang sama sekali. Tapi benarkah demikian?

Oke, kita sama-sama bandingkan spesifikasi kunci dari keduanya. Untuk iPhone SE 2020, Apple membekali ponsel tersebut dengan layar 4.7-inch, sebuah kamera utama dengan resolusi 12MP, baterainya belum diketahui secara pasti (kemungkinan gak beda jauh dengan iPhone 8) dengan dukungan 18W fast wired charging dan memiliki dukungan wireless charging, penyimpanan internal 64GB, chipset setara dengan iPhone 11 series (A13 Bionic), gigabit LTE with dual SIM (via eSIM), Touch ID, tidak ada audio jack, serta sertifikasi IP67.

Pixel 4a vs iPhone SE 2020

Sedangkan untuk Pixel 4a, dari bocoran informasi yang bisa dikatakan akurat (karena perangkatnya belum diresmikan), Google diyakini akan membekali ponsel tersebut dengan desain layar kekinian (punch-hole) dengan ukuran 5.8-inch, sebuah kamera utama beresolusi 12MP, baterai berkapasitas 3080 mAh dengan dukungan fast wired charging (antara 15W / 18W) dan belum ada informasi apakah akankah mendukung wireless charging atau tidak, penyimpanan internal 64GB, chipset Snapdragon 730, gigabit LTE (belum diketahui eSIM / dual SIM), fingerprint scanner, sebuah audiojack, serta tidak memiliki sertifikasi tahan air dan debu.

Oke, kita perjelas lagi untuk Pixel 4a. Karena ini ponsel midranger, maka kehadiran dari fast wired charging bukanlah hal yang asing lagi, tetapi untuk wireless charging tampaknya hampir tak mungkin. Lalu untuk sertifikasi tahan debu dan air, ini juga merupakan sesuatu yang hampir mustahil hadir di Pixel 4a. Selain karena ini adalah ponsel midranger, jika kita melihat seri Pixel 3a (yang menggunakan polycarbonate untuk menekan harga), maka rasanya sangat kecil kemungkinan fitur tersebut hadir ke Pixel 4a.

Tapi mungkin saja prediksi DroidPoin kali ini bisa saja salah, mungkin Google kali ini jadi lebih “dermawan” dan menghadirkan semua fitur unggulannya di Pixel 4a. Mungkih loh ya, mungkin aja kan? 😅

Jadi, di atas kertas harus diakui oleh DroidPoin bahwa iPhone SE 2020 punya semua keunggulan yang dibutuhkan jika dibandingkan dengan ponsel midranger yang ada di pasaran untuk saat ini. Tapi, masih adakah ruang untuk Pixel 4a?

Tentu saja ada, pertama adalah desain dari iPhone SE 2020. Dimana desain ini sangat identik dengan iPhone 8 yang dirilis sekitar 3 tahun lalu. Bezel atas dan bawahnya begitu tebal, yang tentu saja udah ketinggalan zaman dan jika dibandingkan dengan Pixel 4a, maka tentu saja sudah jelas jika desain Pixel 4a jauh lebih menarik, apalagi jika Google menyematkan panel AMOLED disana. Tapi balik lagi ke user, terkadang ada user yang gak masalah dengan bezel layar yang tebal dan saat ini pun pengguna iPhone 7 dan 8 masih banyak, jadi mungkin tujuan Apple adalah untuk menarik minat dari pengguna seri iPhone lawas (terutama iPhone 7 & 8 untuk melakukan upgrade).

Yang kedua adalah baterai, dengan kapasitas baterai yang kurang lebih mirip seperti pada iPhone 8 (perkiraan gak lebih dari 2000 mAh), maka Pixel lagi-lagi diuntungkan disini. Baterai Pixel memiliki kapasitas hampir 2x lebih banyak (tepatnya sekitar 35% lebih besar) dibandingkan dengan iPhone SE 2020 dan hal ini tentu saja akan membuat user tak perlu sering melakukan charge. Namun, lagi-lagi Apple melakukan langkah cerdas disini dengan membuat iPhone SE 2020 mendukung wireless charging dan wired charging 18W yang bisa mengisi 50% hanya dalam 30 menit.

Yang terakhir tentu saja adalah kamera, gak bisa dipungkiri jika Google sangat kuat dibagian ini dan algortima milik Google ini sangat luar biasa kalau untuk urusan foto (video sih standar), walaupun kebanyakan ponsel Pixel hanya memiliki satu lensa. Tapi, karena kita belum tahu bagimana kualitas hasil kamera milik Pixel 4a, jadi untuk saat ini kita cuma bisa berandai-andai saja bahwa ponsel Google ini punya kualitas kamera yang sama bagusnya seperti seri Pixel lainnya.

Via GSMArena

Selain ketiga hal di atas, masih ada satu faktor penentu lagi yakni harga. Jika seandainya Google tetap bertahan dengan harga $399 (berdasarkan bocoran yang terungkap), dimana harga tersebut sama dengan banderol harga dari iPhone SE 2020, maka rasa-rasanya cukup sulit untuk menolak godaan dari Apple beberapa waktu lalu dimana mereka menyuruh user Android untuk beralih ke iPhone, walaupun dengan 3 keunggulan yang sebelumnya yang sudah DroidPoin sebutkan.

Kalau menurutmu gimana? Sampaikan langsung di kolom komentar.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.