via 4freephotos.com

Imbas pandemi virus corona, penjualan smartphone pada kuartal pertama 2020 turun. Bahkan penurunan ini merupakan yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Firma riset Counterpoint merilis hasil riset penjualan smartphone di seluruh dunia pada kuartal pertama 2020. Hasilnya, virus corona membuat penjualan smartphone turun sebesar 13% secara Year-on-Year pada kuartal pertama 2020.

Baca juga:

Penjualan smartphone di seluruh dunia pada kuartal pertama 2020 ini tercatat hanya 295 juta unit smartphone. Sebagai perbandingan, di kuartal pertama 2019 lalu ada sebanyak 341 juta unit smartphone yang berhasil dijual.

Menurut Counterpoint, penjualan smartphone ini merupakan yang terendah semenjak tahun 2014.

Salah satu negara yang menyubang pangsa pasar smartphone dunia adalah Tiongkok. Pangsa pasar smartphone di Tiongkok ini juga turun, dari semula 26%, menjadi 22%. Tiongkok merupakan negara awal dari penyebaran virus corona.

via Counterpoint

“Hingga akhir kuartal, COVID-19 telah menyebar ke berbagai negara, dan lockdown dari berbagai tingkat keparahan diberlakukan, pendulum gangguan mulai berayun dari pasokan ke permintaan,” kata Counterpoint.

COVID-19 menggangu aktivitas perekonomian, terlebih banyak pula para pekerja yang harus di PHK ataupun dirumahkan tanpa digaji akibat wabah ini. Counterpoint juga menyebut karena hal tersebut, banyak orang yang sementara tak membeli ponsel baru.

“Dari sudut pandang konsumen, kecuali mengganti ponsel yang rusak, smartphone sebagian besar merupakan pembelian yang bersifat diskresioner,” kata Tarun Pathak, Associate Director Counterpoint.

Konsumen, di bawah masa yang tidak pasti ini, kemungkinan akan menahan melakukan banyak pembelian diskresioner yang signifikan. Ini berarti siklus penggantian cenderung menjadi lebih lama,” tambahnya.

Dalam data ini turut dilansir Samsung masih menjadi raja smartphone dunia dengan market share atau pangsa pasar 20%. Di tempat kedua ada Huawei sebesar 17%, dan di ketiga ditempati Apple sebesar 14%.

Sedangkan di posisi keempat dan kelima berturut-turut diraih oleh Xiaomi dan Oppo, dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 10% dan 8%.

Dari 10 brand smartphone yang data penjualannya dilansir Counterpoint, hanya Xiaomi dan Realme yang masih mencatatkan kenaikan penjualan saat kuartal pertama 2020.

Semoga saja ya guys pandemi ini bisa segera berlalu, amin.

via Counterpoint, The Verge

  Review Xiaomi Mijia LCD Writing Tablet — Tablet Murah Cuman 285 Ribuan! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.