Android TV menjadi senjata Google untuk masuk ke ranah smart TV, dengan membawa brand Android. Namun Google ingin mengubah nama ini. Jadi apa?

Kabar ini muncul dari sebuah sumber yang menyebut Google akan mengubah nama Android TV. Sumber tersebut menyebut nama Android ini akan ditanggalkan, dan diubah menjadi Google TV.

Tak terungkap apa alasan Google mengubah nama Android TV menjadi Google TV ini.

Namun Android TV sendiri terlahir bukan dengan nama Android TV. Platform khusus smart TV yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 ini mulanya bernama Google TV, yang kemudian diubah namanya menjadi Android TV pada 2014. Ya, Google ingin kembali ke nama sebelumnya.

Google sebelumnya juga perlahan menghilangkan nama Android pada sejumlah produknya. Android Market menjadi yang paling awal, yang diubah menjadi Google Play Store pada 2012 lalu. Kemudian ada Android Pay yang menjadi Google Pay, hingga Android Wear yang menjadi Wear OS.

Smart TV belakangan mulai diminati masyarakat, terlebih punya fungsi dan fitur yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pesawat televisi konvensional. Di Indonesia, kita sudah bisa menemukan beragam smart TV yang menggunakan Android TV dengan harga mulai Rp 2 jutaan.

Konon, Google akan mengubah nama Android TV kembali menjadi Google TV dalam pengumuman Android 11 public beta pada awal Juni mendatang.

via 9to5Google

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.