Wallpaper danau yang dapat ‘merusak’ ponsel – via Twitter/UniverseIce

Wallpaper danau yang beberapa waktu lalu sempat viral dan bisa merusak ponsel khususnya smartphone Samsung, kini dalam waktu dekat bisa digunakan oleh pengguna Samsung. Masalah ini tengah ditangani.

Pengembang pihak ketiga dan juga para OEM seperti Samsung dilaporkan tengah memperbaiki bug yang ada. Bug ini kemudian akan ditambal dan dikirim ke pengguna smartphone Samsung melalui update software.

Baca juga: Hati-hati, Wallpaper Ini Bikin HP Android Crash hingga Soft-brick!

Salah seorang sumber mengatakan, saat ini perbaikan bug tersebut tengah memasuki tahap deployment sebelum nantinya akan dibagikan Samsung secara over-the-air (OTA).

Samsung juga menyarankan semua pengguna smartphone mereka untuk tidak sembarangan mengunduh gambar dan menjadikannya sebagai wallpaper, setidaknya hingga bug tersebut selesai ditambal. Hal ini untuk mencegah terulang kembalinya masalah seperti di wallpaper danau.

Kalau kamu tertinggal informasi ini, sebelumnya dilaporkan ada temuan bug dalam wallpaper danau. Wallpaper danau tersebut fatal digunakan, sebab setelah dipasang akan mengakibatkan sistem yang crash dan bootloop.

Karena tidak bisa mengakses menu di smartphone, masalah ini baru bisa teratasi dengan mengganti wallpaper melalui safe-mode, atau dengan menghapus seluruh data melalui mode recovery.

Bug wallpaper ini diketahui tidak hanya terjadi pada smartphone Samsung saja, namun juga berbagai smartphone dari pabrikan dan merek lain seperti OnePlus, Google Pixel, LG, Nokia, dan lainnya. Bug ini membuat smartphone

Penyebabnya diduga karena nilai histogram gambar danau yang lebih dari 255, yang artinya melebihi color space sRGB yang didukung sistem operasi Android. Pengguna yang ingin menggunakan wallpaper tersebut harus melakukan konversi gambar terlebih dulu.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jika kamu sudah bosan dengan wallpaper lama dan ingin menggantinya dengan yang baru, pastikan kamu memperolehnya dari sumber atau aplikasi yang terpercaya.

via SamMobile, Twitter

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.