Fitur asisten pribadi virtual S-Voice yang menemani sejumlah smartphone hingga smartwatch Samsung resmi dimatikan. Namun tak fitur ini tak serta merta hilang, khususnya bagi pengguna smartwatch.

Samsung akhirnya resmi menggantikan fitur S-Voice ini dengan Bixby pada smartwatch Gear S3. Fitur ini bisa didapatkan melalui update software pada aplikasi Galaxy Wearable atau langsung dari smartwatch.

Baca juga:

Sesungguhnya update ini sudah dirilis secara global sejak bulan Mei lalu, namun baru tiba di Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

Update yang dikemas dalam versi firmware R760XXU2FTD4 untuk Gear S3 dan R600XXU1DTD3 untuk Gear Sport ini sekaligus meningkatkan versi One UI menjadi 1.5, dan OS Tizen 4.0.0.7.

Update ini berukuran sekitar 100MB. Namun untuk menggunakan Bixby, kamu harus mengunduh file tambahan yang diminta ketika pertama kali menggunakan fitur ini.

Berbeda dengan S-Voice, pada Bixby ini lebih kaya akan fitur dan tampilan yang lebih menarik. Untuk mengaktikan fungsi perintah suaranya masih sama seperti di smartphone Samsung, dengan mengucap “Hi, Bixby.”

Selain fitur Bixby, sejumlah perbaikan dan perubahan tampilan juga diberikan. Pada menu quick panel yang semula ada delapan icon, kini dipangkas menjadi enam dan lebih mudah dikustominasi.

Selain itu ada penambahan fitur emoticon yang warna kulitnya bisa disesuaikan, tampilan Always-on-Display yang lebih mudah dilihat, hingga peningkatan fitur workout dan aplikasi Samsung Health. Pengguna juga akan mendapati animasi UI yang berbeda.

Selain Gear S3, update ini juga diberikan Samsung untuk smartwatch Gear Sport. Fitur Bixby turut disertakan didalamnya.

Buat kamu pengu

  Technow #47: RIP Google Play Music! Fitur Baru Android! AMD vs APPLE, ONE UI 3.0!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.