Minggu kemarin, Apple resmi mengumumkan iOS 14 dan kawan-kawan di event WWDC.  Pastinya kamu semua tahu, dari sekian banyak fitur yang diumumkan (untuk iOS 14) ada beberapa fitur yang bisa dibilang hanya meniru dari OS lain, termasuk Android. Hal ini sebenarnya adalah hal yang cukup wajar, toh karena fitur-fitur tersebut sangat berguna makanya fitur tersebut juga dibutuhkan oleh pengguna ekosistem Apple.

Nah, buat kamu yang penasaran kira-kira fitur apa saja yang Apple tiru dari Android di sistem operasi iOS 14, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. Widget di Home Screen

Perubahan yang paling terlihat jelas adalah adanya widget di home screen pada iOS 14 dan ini mungkin adalah sesuatu yang dinantikan oleh user iOS sejak lama. Pasalnya, widget di iOS versi sebelumnya bisa dibilang cuma sekedar pajangan, namun kini sudah berubah menjadi pelengkap setelah lebih dari satu dekade ada di Android.

2. App Library 

Selain widget, ada juga App Library yang mana merupakan salah satu fitur baru di iOS 14. Fitur ini mirip seperti app drawer di Android dan juga menu utama dari Windows Phone (kalau kamu pengguna Windows Phone pasti udah gak asing lagi). Pasalnya ini adalah kumpulan dari beberapa aplikasi dengan kegunaan yang mirip!

Perbedaannya (antara App Library di Apple dengan App drawer di Android dan juga Windows Phone) mungkin cuma terletak di bagian penyortiran, dimana setelah terpasang di ponsel dengan iOS 14, aplikasi-aplikasi tersebut akan disortir secara otomatis berdasarkan kategori.

3. Saran Aplikasi di App Library

Pada bagian app drawer Android, ada yang namanya saran aplikasi (ituloh 5 aplikasi yang biasanya terletak dibagian atas app drawer, biasanya app yang ada di daftar adalah app yang seringkali digunakan pengguna). Nah, ternyata hal tersebut juga di tiru oleh Apple di iOS 14 dimana mereka juga sudah menyiapkan opsi “Suggestions” di salah satu menu yang ada di App Library.

4. Menjadikan Browser dan e-mail Pihak Ketiga sebagai Default Apps

Pengguna iOS sering kali merasa kesulitan menggunakan aplikasi milik pihak ketiga dan untungnya di iOS 14 Apple sedikit lebih longgar dalam hal tersebut, dimana mereka meniru salah satu fitur andalan milik Android yang mana bisa menjadikan aplikasi browser dan juga e-mail dari pihak ketiga sebagai aplikasi default atau aplikasi bawaan.

5. Picture-in-Picture

Fitur PiP atau Picture-in-Picture pertama kali diperkenalkan oleh Google ketika Android 8.0 Oreo diresmikan (kalau tidak salah) dan jujur aja fitur ini memang sangat berguna sekali, apalagi ketika kamu ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut bersamaan dengan aplikasi lainnya.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur Android lain yang Apple tiru di iOS 14 seperti translate di Safari, voice recognition untuk input keyboard, Wind Down mode yang mirip dengan Do Not Disturb mode dan masih banyak yang lainnya.

Namun dari sekian banyak fitur yang ditiru oleh Apple, kelima fitur yang DroidPoin sebutkanlah yang memang erat kaitannya dengan Android dan pastinya banyak sekali pengguna Android yang menggunakannya hingga saat ini.

So, gimana nih tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar.

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.