via @robotodd

Masih ingat dengan rumor yang menyebutkan bahwa Samasung akan memasang iklan di One UI 2.5? Awalnya, rumor tersebut cuma sekedar candaan dari beberapa user di komunitas Samsung, tapi belakangan ini rumor tersebut berubah menjadi sebuah kenyataan gaes!

Dari beberapa sumber yang sudah DroidPoin himpun, iklan tersebut berasal dari aplikasi milik Samsung itu sendiri seperti Samsung Phone, Health, Pay, Weather, Music, Bixby dan juga Galaxy Store. Berikut ini adalah screenshot dari beberapa pengguna yang berhasil mengabadikan iklan pada aplikasi milik Samsung:

via Android Police

Tentu saja hal ini amat sangat disayangkan mengingat Samsung sudah jadi salah satu brand premium dan yang lebih disayangkan lagi, iklan tersebut gak pandang bulu karena ponsel dengan harga fantastis seperti Galaxy Z Flip juga dipastikan akan dipasangi iklan loh gaes!

Tujuan dari hadirnya iklan untuk ponsel dengan kategori midranger masih bisa dimaklumi, pasalnya Samsung memang membutuhkan tambahan profit karena keuntungan yang mereka ambil dari ponsel midranger “mungkin” sangatlah kecil. Akan tetapi, jika seri ponsel flagship dan juga premium seperti Galaxy S & Note Series, Galaxy Fold serta Galaxy Z Flip dipasangi iklan juga, maka Samsung sudah melakukan blunder yang sangat fatal dan bisa saja membuat user mereka beralih ke tetangga sebelah.

Jadi bisakah iklan tersebut dinonaktifkan?

Jika kamu bertanya-tanya apakah iklan tersebut bisa dinonaktifkan seperti milik tetangga sebelah, maka jawabannya tentu saja bisa! Tetapi, jika kamu melakukan hal tersebut, maka kamu pun tak akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

Jadi, untuk saat ini belum ada solusi terbaik yang bisa DroidPoin berikan.

Terlepas dari semua hal tadi, Samsung tampaknya perlu melakukan satu atau dua perubahan besar, terutama untuk masalah mencari keuntungan tambahan. Memasang iklan memanglah bukan ide yang asing lagi karena OEM lain pun melakukan hal yang sama, tetapi itu adalah ide yang buruk karena akan mempengaruhi user interface dan juga pengalaman dari pengguna ketika menggunakan ponsel Samsung (terutama untuk seri ponsel flagship dan premium).

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan aja di kolom komentar. 😁

  Redmi 9A Indonesia: Kenapa Bisa Murah..??  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.