Untuk urusan pendistribusian update software, harus diakui bahwa iOS masih jauh lebih baik ketimbang Android. Hal ini dikarenakan Apple punya kewenangan penuh untuk mengontrol hardware dan software, ditambah lagi perangkat iOS yang diluncurkan setiap tahunnya masih bisa dihitung menggunakan jari.

Jika untuk Android, hal ini jadi jauh lebih rumit! Pasalnya, software buatan Google tersebut digunakan juga oleh OEM lain seperti Samsung, Xiaomi, vivo, oppo dan lain-lain. Lebih parahnya lagi, OEM yang menggunakan Android dapat mengubah (melakukan kustomisasi) software sesuai dengan keinginan mereka dan hal tersebut makin diperburuk dengan kustomisasi hardware. Sehingga tak heran jika pendistribusian update membutuhkan waktu yang tak sebentar dan hal ini sudah jadi masalah utama bagi Google selama beberapa tahun kebelakang.

Namun, Google tidak pasrah dan langsung menerima kenyataan begitu saja, mereka mencoba berbagai cara agar masalah ini bisa teratasi dan tampakya berbagai usaha yang Google lakukan sudah terbayarkan, dimana tingkat adaptasi dari Android 10 adalah yang paling cepat dibandingkan dengan versi Android lainnya. Berikut ini adalah detailnya:

via Android Developer

Seperti yang bisa kamu lihat dari grafik di atas. Tingkat adopsi dari versi Android terbaru selalu berada dalam tren positif dimana ketika Android 9 Pie dirilis, tingkat adopsinya 2,5x lebih cepat jika dibandingkan dengan adopsi pada Android 8 Oreo dan ternyata hal tersebut diperbaiki lagi ketika Android 10 sudah dirilis. Dimana tingkat adopsi Android 10 1,5x lebih cepat jika dibandingkan dengan Android 9 Pie.

Hal ini tentu saja tak terlepas dari berbagai usaha Google seperti Project Treble (yang memungkinkan pemisahan update software Android dan kustomisasi skin yang digunakan oleh tiap-tiap OEM), Developer Preview program (yang memungkinkan OEM ikut menguji versi terbaru Android dalam tahap Beta), Google’s Project Mainline (yang memungkinakan aplikasi untuk menerima update dan elemen penting dari setiap versi Android melalui Google Play) serta usaha-usaha yang lainnya.

Walaupun masalah pendistribusian update software Android masih kalah jauh dibandingkan dengan iOS. Tetapi seperti yang bisa kamu lihat dari data di atas, hal ini sudah mengarah ke arah yang tepat seperti yang diinginkan oleh Google, mungkin tinggal usaha ekstra dari OEM saja agar hal ini dapat terealisasi jauh lebih cepat lagi.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Sampaikan aja langsung di kolom komentar.

via Android Developer

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.