Oke kali ini aku akan sedikit membahas tentang aplikasi-aplikasi apa saja yang cocok untuk diterapkan untuk smartphone anak-anak. Di era digital sekarang pasti tren mulai bergeser dimana anak-anak lebih suka dengan smartphone mereka, entah itu untuk sosial media, YouTube, games, atau yang tren sekarang adalah tiktok. Nah bebasnya konten internet, ditambah juga smartphone yang menjadi candu buat anak-anak menjadi kecemasan tersendiri bagi para orang tua dan terkadang orang tua bingung bagaimana cara membatasi konten atau pemakaian smartphone tersebut.

Baca Juga:

Ada memang yang memakai cara tradisional yaitu mengambil smartphone tersebut dan hanya di mainkan pada jam tertentu, tetapi cara ini tidaklah efektif apalagi anak-anak ini pun bisa membuka berbagai macam konten negatif jika orang tua tidak mengawasi. Nah buat kamu para orang tua kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini untuk mengawasi anak-anak kamu loh, tidak hanya mengawasi, kamu juga bisa mengontrol screen time, mengontrol aplikasi mana yang boleh dibuka atau tidak, meremote smartphone melalui smartphone kamu dll. Oke kita langsung masuk ke listnya ya.

1. Mobicip

Yang pertama ada aplikasi bernama Mobicip. Kelebihan mobicip ini ada banyak banget loh kamu bisa memonitoring layar anak lewat smartphone kamu, tidak hanya itu ada app lock dan kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa di-lock, ada pula screen time dimana kamu atur jam berapa yang diperbolehkan anak tersebut memakai smartphone dan jika timer selesai otomatis layar smartphone akan terkunci dan masih banyak lagi keunggulan aplikasi ini untuk digali. Download Mobicip.

2. Kaspersky Safe Kids

Selanjutnya ada Kaspersky Safe Kids Di aplikasi ini kamu bisa mengontrol penuh apa yang dilakukan oleh smartphone anak-anak. Kelebihan paling menonjol dari aplikasi ini adalah aplikasi ini mampu mengirim feedback atau laporan tentang apa saja yang diposting entah itu di sosmed, youtube, dll. Kamu juga bisa memonitoring siapa saja teman-teman mereka dan siapa saja yang berinteraksi dengan mereka. Aplikasi ini juga mampu memblokir toolbar searching yang mengarah ke pornografi, kekerasan ataupun konten-konten yang bermuatan dewasa. Download Kaspersky Safe Kids.

3. App Lock

Selanjutnya ada App Lock, memang aplikasi bukan di khususkan untuk parental tetapi aplikasi ini sangat penting untuk data-data kamu. Terkadang ada suatu kasus dimana data penting terhapus ketika sang anak bermain dengan smartphone orang tua, tetapi dengan aplikasi ini kamu bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang menurut kamu sangat penting dan ketika sang anak memainkannya tidak bisa membuka aplikasi yang dikunci itu. Oh ya aplikasi ini bawaan dari Android ya jadi kamu gak perlu install di smartphone kamu.

4. Offtime

Di list ke-empat ada Offtime, nah aplikasi ini sangat bagus untuk melatih kedisiplinan anak dengan waktu. Seluruh aplikasi akan tertutup pada saat offtime dan yang aktif hanya aplikasi seperti kalkulator, atau aplikasi-aplikasi belajar yang sebelumnya sudah disetel, bisa dibilang aplikasi ini sangat mengurangi kebiasaan anak akan games, youtube, atau bahkan medsos. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin fokus akan pekerjaan, aplikasi ini akan mem-block semua notifikasi yang mengganggu kinerja kamu. Download Offtime.

Surfie

Terakhir ada aplikasi anti cyber bullying yaitu Surfie. Di aplikasi Surfie ini akan ada beberapa keyword yang bisa kamu pasang yang mengarah ke arah bully dan aplikasi ini akan secara otomatis akan mendeteksi keyword tersebut akan langsung men-shutdown aplikasi tersebut. Kamu bisa memasang keyword tersebut mulai dari instant messenging hingga sosmed anak tersebut, akan ada transkrip pembicaraan yang akan terkirim ke smartphone kamu dan kamu bisa melacak secara langsung transkrip tersebut. Download Surfie.

Oke itu tadi list 5 aplikasi parenting untuk smartphone anak, semoga artikela ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran atau ingin berdiskusi langsung komentar di kolom di bawah ya, terima kasih !.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.