Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa negara kita adalah negara yang terletak di cincin api, dan pastinya banyak sekali gunung yang ada di negara ini dan hiking adalah hobi yang cukup digandrungi mulai anak-anak kuliah hingga umum. Sebenarnya hiking ini adalah salah satu hobi yang cukup ekstrem dimana kita harus mengerti tentang survival dan bagaimana kita harus juga tentang tracking, menebak arah mata angin, dan masih banyak lagi. Selain itu hiking juga membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang lumayan tangguh untuk bisa menaklukan gunung tetapi ketika sampai di puncak ada sebuah rasa kepuasan tersendiri, sudah banyak orang yang bisa menaklukkan gunung dan pasti mempunyai perasaan bangga akan hal itu dan pastinya akan membuat ketagihan untuk hiking lagi. Di era sekarang sudah banyak aplikasi di platform Android khususnya yang bisa menjadi pegangan untuk kamu memulai hobi ini, kami sudah membuat list-list nya ini dia.

1. Compass

Nomor 1 yang paling wajib, dan yang harus ada di Smartphone kamu adalah kompas. yak alat kecil berguna ketika kamu tracking biar gak salah arah yaa. Kompas ini memang hal yang wajib untuk kamu dan ilmu-ilmunya juga harus kamu serap ya gimana cara menggunakan sebuah kompas. Untuk kompas sendiri di Smartphone jaman sekarang udah di sertakan ya jadi gak usah kamu download tapi kalo emang gak ada ya kamu download disini

2. Komoot – Cycling, Hiking & Mountain Biking Maps

Aplikasi kedua yang kami rekomendasikan yaitu Komoot dimana aplikasi bisa disimpulkan adalah aplikasi perencana dan perekam perjalanan kita, mengapa aplikasi menjadi rekomendasi? Bisa dibilang aplikasi ini bisa menjadi dasar kamu untuk memulai perjalanan hiking kamu, mulai dari rute mana yang akan kamu ambil, dan rute ini akan langsung terekam dalam aplikasi ini sehingga ketika kamu ingin ke rute itu lagi kamu tidak akan kesulitan mencari jalan yang sama. Menarik bukan? dan ditambah lagi maps di dalam aplikasi ini bisa mencatat perjalanan secara offline dan ini menjadi nilai plus yang sempurna untuk para pendaki gunung yang profesional ataupun pemula. Download disini.

3. Icon Torch

Memang aplikasi senter sudah di built in di semua smartphone, cuma ada orang-orang yang terkadang panik ketika ada di perjalanan ketika tidak kelihatan apa-apa dan susah mencari aplikasi untuk memicu senter tersebut. Tetapi kamu tidak usah khawatir karena aplikasi ini bisa dibilang menjadi sebuah shortcut untuk menyalakan senter di Smartphone kamu. Di layar standby langsung ada banyak shortcut untuk menyalakan senter dan ketika kamu membuka Smartphone senter sudah langsung tinggal pencet dan kamu tidak usah panik membuka atau mencari aplikasi senter tersebut. Download disini.

4. Knot 3D

Yang Keempat ini sangat penting juga dimana kamu akan diajari bagaimana membuat sebuah knot atau simpul, aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi para pendaki pemula dimana ada 130 lebih cara membuat sebuah simpul dan manfaat dari masing-masing simpul tersebut sudah dijelaskan secara lengkap dan terperinci. Jadi aplkasi ini sangat penting untuk kamu install di smartphone kamu. Dengan harga Rp 36.000,00 sudah menjadi aplikasi yang worth it untuk kamu beli jika dilihat dari segala bentuk informasi yang disertakan di dalam aplikasi ini. Download disini.

5. Offline Survival Manual

Yang kelima ini adalah aplikasi panduan bagaimana cara kita menghadapi situasi ketika kita ada di alam liar. Kita bisa mengetahui makanan mana yang baik dikonsumsi atau yang beracun, dan bagaimana kita bisa membuat tempat untuk berteduh, bahkan ada cara untuk menyalakan api hingga cara memprediksi cuaca. Aplikasi ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu apalagi ketika di alam liar dan jika memang kamu belum terlalu paham tentang hidup di alam liar aplikasi ini sangat cocok untuk kamu. Selain informasi aplikasi juga tidak memperlukan internet ( offline ) dan kekurangannya mungkin belum ada bahasa Indonesia yang disertakan di aplikasi ini sehingga sedikit membuat kamu bingung karena memakai bahasa Inggris ya sekalian lah hitung-hitung belajar bahasa Inggris untuk kamu hehe. Download Offline Survival Manual.

Yapp itulah 5 aplikasi rekomendasi untuk hiking, ya aplikasi-aplikasi itu menjadi aplikasi wajib install ya karena banyaknya informasi yang terdapat di aplikasi-aplikasi tersebut. Sekian artikel dari kami jika kamu ada rekomendasi aplikasi atau game apa yang ingin dibahas langsung saja di kolom komentar dibawah ya.

  5 GADGET TERBAIK UDAH TURUN HARGA 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.