Beberapa hari lalu, DroidPoin sudah memberikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk menguji (mendiagnosa) touch screen di ponsel Android yang tujuannya sangat jelas yakni untuk mengetahui apakah memang benar jika touch screen kamu bermasalah atau tidak. (Baca: Touch Screen Kamu Bermasalah? — Inilah 3 Aplikasi untuk Menguji Touch Screen di Android)

Nah, hari ini DroidPoin ingim memberikan beberapa tips bagi kamu yang touch screen yang error. Buat yang penasaaran, cek aja langsung detailnya di bawah:

1. Restart Ponsel

Cara ini terbilang sangat simpel, tapi cara ini sangatlah efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul pada ponsel kamu. Kenapa bisa demikian?

Karena dengan melakukan reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang sebelumnya muncul pada ponsel Android kamu.

2. Diagnosa Layar

Seperti yang sudah DroidPoin sampaikan di atas, beberapa hari yang lalu DroidPoin sempat memberikan beberapa aplikasi untuk mendiagnosa masalah pada layar beserta cara menggunakannya. Nah, silakan gunakan aplikasi-aplikasi yang sudah DroidPoin rekomendasikan tersebut untuk mengetahui apakah memang benar touch screen kamu mengalami masalah atau tidak.

3.  Lepas Pelindung Layar

Untuk melindungi layar ponsel Android dari goresan ataupun kerusakan ketika ponsel terjatuh, maka tidak sedikit orang yang memasang pelindung layar atau screen protector. Tapi, panel plastik atau kaca yang kalian gunakan mungkin saja menghambat respon sentuhan kalian ketika berinteraksi dengan ponsel.

Maka dari itu, jika memang dirasa touch screen kamu mengalami masalah (tidak responsif), silakan lepas pelindung layar kamu terlebih dahulu. Hal ini mungkin tidak akan bisa memperbaiki masalah kamu sepenuhnya, tapi bisa meningkatkan respon layar ketika kamu berinteraksi dengan ponsel.

4. Tunggu Perbaikan dari Update Software

Tidak jarang masalah pada bagian touch screen muncul setelah kamu melakukan update software dan satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menantikan perbaikan bug yang digulirkan oleh OEM bersangkutan. Jadi, silakan kalian laporkan masalah tersebut dan semakin banyak laporan yang diterima (dengan kasus yang sama), maka OEM akan “menandai” masalah tersebut sebagai prioritas yang harus segera diselesaikan.

Apabila ke-4 cara tadi sudah kamu lakukan dan tetap saja masalah tersebut tak bisa teratasi, maka dapat dipastikan jika hardware ponsel (bagian touch screen) mengalami masalah dan sudah waktunya bagi kamu untuk datang ke service center jika masih memiliki garansi.

Namun, jika garansi ponselmu sudah habis dan ongkos untuk memperbaiki jauh lebih mahal daripada membeli baru, sudah saatnya ponsel yang kamu gunakan pensiun lebih awal. 😅

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.