Hai di kolom tips & trick kali ini aku akan membahas tentang mempercepat kinerja smarphone. Banyak orang menganggap bahwa mempercepat kinerja smartphone itu butuh aplikasi ini dan itu, butuh task killer, butuh defrag dll, padahal kamu bisa loh mempercepat kinerja smartphone kamu mulai dari hal yang sederhana.

Baca Juga :

Mungkin ada di antara kamu merasa bahwa smartphone sudah mulai lelet, cepat panas atau mungkin terkadang suka hang, dan pastinya kecepatan sebuah smartphone adalah suatu keharusan. Oke langsung saja kita masuk pembahasan tips & trick supaya smartphone kamu ngebut.

1. Bersihkan Homescreen Smartphone

Nomor satu ini adalah basic yang sering banget diremehkan oleh pengguna android, ya banyaknya widget-widget yang menampilkan animasi yang tidak perlu harusnya kamu bersihkan, alasannya simpel banget karena animasi dalam widget tersebut mempengaruhi kinerja CPU dan RAM kamu.

Misalnya ada contoh kasus dimana kamu memainkan sebuah aplikasi berat misalnya PUBG, dan ada kalanya kamu langsung memencet tombol home, pasti akan ada jeda beberapa detik untuk loading widget-widget tersebut, nah loading itulah yang membuat kinerja CPU lumayan tersiksa, dengan mengurangi widget tersebut kamu akan menghemat kinerja 7-9 persen wow lumayan kan.

2. Ganti Web Browser

Browser default dari android adalah Chrome, ya Chrome memang bagus sebagai browser tapi penyimpanan cache nya ini yang jadi masalah, dimana jika dibandingkan dengan para kompetitornya Chrome ini dikenal yang paling berat dan paling besar, tentu saja ini mempengaruhi kinerja smartphone kamu.

Nah ada satu aplikasi browser yang benchmark testnya menunjukkan browser ini yang terbaik untuk android yaitu Puffin, selain ringan browser ini juga tergolong cepat loh, bahkan kamu bisa mengakses sejumlah website yang di blokir pemerintah dengan puffin ini. Download Puffin.

Selain Puffin ada juga Opera Mini, memang nama ini tidak asing bagi kamu semuanya, kelebihan opera ini mampu mengkompres data sehingga menghasilkan tampilan lebih cepat daripada browser lain, nah karena di kompres itulah tidak akan meninggalkan cache yang banyak. Download Opera.

3. Jangan Menimbun Aplikasi

Ini yang menjadi masalah utama dalam smartphone, dengan keterbatasan RAM banyak user android yang menimbun berbagai aplikasi, dan yang paling parah aplikasi itu pun jarang atau bahkan gak pernah di pakai.

Periksa dan sortir mana aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang tidak, sebagai saran menimbun aplikasi malah membuat kinerja CPU dan RAM menjadi sangat lemot, tidak ada salahnya membuang aplikasi-aplikasi yang tak terpakai toh itu juga demi kesehatan smartphone kamu.

Salah satu contohnya uninstall aplikasi facebook kamu, karena jika kamu uninstall aplikasi facebook terlebih lagi bawaan dari smartphone, akan membuat smartphone kamu 15 persen lebih cepat. Jika kamu masih ingin install facebook pakailah facebook lite karena lebih mudah dan lebih ringan juga.

4. Uninstall Antivirus

Yang satu ini mungkin agak kontroversial, memang jika kamu mengedepankan performa kamu harus mengorbankan sesuatu nah inilah salah satunya, antivirus ini merupakan aplikasi bagai pisau bermata dua, satu sisi untuk melindungi dari segala macam malware, satu sisi akan menghambat smarphone kamu.

Jika kamu memang ingin mengedepankan performa smartphone, langsung uninstall segala macam antivirus di smartphone kamu, selain itu rata-rata aplikasi antivirus juga membuat baterai kamu cepat habis karena harus scanning tiap saat.

Tapi tak usah khawatir, selama kamu hanya install atau download melalui playstore, kamu akan terbebas dari segala macam malware dan virus.

5. Matikan Segala Macam Sinkronisasi

Sosmed, berita, cuaca, e-mail dan berbagai macam aplikasi lainnya telah di set dengan sinkronisasi otomatis, nah dengan begitu tiap ada update dia akan memperbaharui data, inilah yang membuat kinerja smartphone menjadi tidak efisien.

Solusinya kamu ubah sinkronisasi tersebut dari update otomatis ke update sehari sekali, atau seminggu sekali pilihlah dengan jangka waktu yang agak lama, supaya kinerja smartphone tidak terfokus sinkronisasi setiap saat.

6. Nyalakan Update Google Playstore

Sebaliknya kamu wajib menyalakan update Google Playstore, tiap update-an aplikasi android sudah pasti akan ada perkembangan terbaru dan jika smartphone kamu mampu untuk mengupdate ya update saja tidak masalah.

Update semua aplikasi kamu, dan siapa tahu akan ada pengoptimalan aplikasi di update tersebut yang membuat aplikasi bekerja lebih efisien.

Re-boot Smartphone Kamu secara Teratur

Terakhir, ini adalah cara terbaik untuk smartphone menjaga OS tetap smooth, tidak tiap hari juga tapi lakukan lah secara berkala, mungkin tiap seminggu sekali atau seminggu dua kali, supaya smartphone kamu bisa sedikit “bernafas”.

Kalau misalnya kamu merasa smartphone kamu sudah lemot atau cepat panas, lekas lakukan trik ini.

Oke itu tadi tips & trick mempercepat smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran atau ingin berdiskusi kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih !.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.