via 9to5Google

Google tampaknya semakin serius untuk memberantas masalah privasi di platform Android dan baru-baru ini DroidPoin mendapatkan sebuah kabar jika pada update Android 11 nanti, aplikasi kamera pihak ketiga bakal dibatasi penggunaannya.

Buat kamu yang belum paham, maksudnya itu pengguna tidak akan dapat mengambil foto ataupun video menggunakan aplikasi pihak ketiga, kecuali developer aplikasi tersebut menambahkan semacam “kode” tambahan agar terbaca oleh sistem (yang pastinya harus disetujui oleh Google) atau user harus mengubah opsi tersebut secara manual melalui setting dan memberikan aplikasi tersebut izin untuk mengambil foto atau video.

Tujuan diberlakukannya hal ini amat jelas, Google ingin pengguna lebih memilih untuk memakai stock apps (kamera) yang ada di ponsel miliknya agar data (gambar atau video) milik pengguna tidak di salah gunakan oleh pihak lain dan jika ini sukses, tentu saja akan mengurangi masalah privasi di Android yang kabarnya masih kurang oke jika dibandingkan kompetitor lain.

Untuk saat ini cuma itu yang bisa DroidPoin sampaikan, untuk informasi yang lebih detail lagi, mari kita nantikan bersama beberapa waktu ke depan.

via Android Developers

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.