via Huawei

Selepas ‘dibanned’ Amerika Serikat, Huawei meluncurkan sistem operasi baru yakni HarmonyOS. Meski sudah berusia lebih dari setahun, HarmonyOS tak kunjung ada di smartphone. Sampai kapan?

CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu dalam acara Yabuli Forum Qingdao Summit menjawab pertanyaan tersebut. Ia menegaskan, Huawei belum berencana membuat smartphone dengan HarmonyOS.

Baca juga:

Namun Richard Yu tidak menyebut apakah pada 2021 mendatang Huawei akan meluncurkan smartphone HarmonyOS atau tidak.

Richard Yu juga mengatakan saat ini Android menjadi pilihan utama Huawei. Alasannya sendiri cukup mendasar, karena ekosistem Android dan dukungan dari partner. Cukup masuk akal, sebab Huawei bisa dibuat kelimpungan kalau smartphone mereka tidak punya banyak aplikasi favorit, bisa lebih banyak ditinggal kabur pengguna.

Meski smartphone HarmonyOS belum akan dirilis, ia menegaskan Huawei terus mengembangkan dan merilis perangkat HarmonyOS baru secara mandiri.

Pada 2020 ini, semestinya HarmonyOS hadir di perangkat PC, Smartwatch dan Smartband, dan In-Vehicle Systems sesuai dengan roadmap yang ditetapkan. Hadirnya diperangkat tersebut sekaligus meningkatkan versi HarmonyOS ke 2.0, dan rumornya akan dirilis dalam acara Huawei Developer Conference 2020.

Pada tahun 2019 lalu, Richard Yu memang pernah menyebut HarmonyOS akan menjadi ‘ban serep’ sistem operasi smartphone mereka. Smartphone HarmonyOS sudah disiapkan Huawei jika sudah benar-benar dilarang sama sekali memakai Android.

Saat ini HarmonyOS baru dapat kita temukan pada perangkat smart TV. Rumornya, Huawei akan merilis smartwatch HarmonyOS perdana mereka yakni Huawei Mate Watch.

Sabar ya guys

via Gizmochina

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.