via HMD Global

Dua smartphone Nokia baru tampaknya akan segera masuk ke pasar Indonesia. Ialah Nokia C1 dan Nokia C3, yang akan mengisi segmen entry-level smartphone Nokia di Indonesia.

Keduanya pun telah menampakan dirinya di website resmi ponsel Nokia di Indonesia, lengkap dengan spesifikasi yang dimilikinya. Namun informasi harganya belum ditampilkan karena belum dirilis.

Baca juga:

Umumnya hanya smartphone Nokia yang masuk atau dijual secara resmi di Indonesia saja yang ada di dalam website tersebut. Hal ini bisa menjadi sebuah pertanda HMD Global akan memasarkan Nokia C1 dan Nokia C3 di Indonesia.

Nokia C1 diketahui juga telah mendapatkan sertifikasi dari Ditjen SDPPI atau yang dahulu bernama Ditjen Postel. Smartphone murah tersebut didaftarkan oleh dua perusahaan yakni PT. Erajaya Swasembada dan PT. Parastar Echorindo. Nokia C1 tertulis membawa nomor model TA-1165.

Nokia C1 sendiri bukanlah smartphone 4G, sehingga tidak perlu mengajukan permohonan sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustrian. Sedangkan Nokia C3 sudah menggunakan jaringan 4G, sehingga perlu sertifikat TKDN.

Namun hingga kini Nokia C3 terpantau belum mendapat sertifikasi TKDN, begitupula pada Ditjen SDPPI.

Nokia C1 mempunyai spesifikasi layar IPS 5.45 inch dengan resolusi qHD, prosesor Quad-core 1.3GHz, RAM 1GB, dan memori internal 16GB. Smartphone ini menggunakan Android 9 Pie (Go Edition), yang menjadikannya masuk dalam keluarga Android Go.

HMD membekali Nokia C1 dengan satu kamera depan dan belakang, resolusinya sama-sama 5MP. Baterainya berkapasitas 2.500 mAh, mendukung fitur dual SIM tapi jaringannya mentok 3.5G.

Sedangkan Nokia C3 tampil lebih baik dari Nokia C1, baik dari desain ataupun spesifikasinya. Nokia C3 memiliki spesisifikasi layar IPS 5.99 inch dan resolusi HD+, prosesor Octa-core SC9863A 1.6 GHz, RAM dengan opsi 2GB atau 3GB, dan memori internal 16GB atau 32GB.

Smartphone ini masih punya satu kamera depan dan belakang. Adapun resolusi kamera belakang Nokia C3 adalah 8MP dengan aperture f/2.0, dan kamera depannya beresolusi 5MP.

Nokia C3 sudah memiliki jaringan 4G plus fitur dual SIM. Ia juga mempunyai sensor sidik jari kapasitif pada bagian belakang smartphone, face unlock, dan tombol khusus Google Assistant. Nokia C3 mempunyai baterai sebesar 3040 mAh.

Kita nantikan saja kehadiran smartphone ini ya guys..

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.