Yapp di segmen tips dan trik hari ini, aku akan membagikan informasi yaitu cara membersihkan cache. Mungkin banyak diantara kamu yang tidak tahu apa cache itu sendiri, cache sendiri adalah data temporer yang tersimpan di smartphone kamu, jadi misalnya kamu membuka suatu laman web dan secara otomatis data di laman tersebut akan tersimpan.

via Android Authority

Baca Juga:

Oke kali ini aku akan memberikan beberapa informasi penting tentang cache, dan langkah-langkah untuk membersih kan cache tersebut.

1. Fungsi Cache

Fungsi dari cache itu sendiri cukup bermanfaat, dimana jika kita membuka lagi laman tersebut, tidak akan memakan waktu yang lama dan pastinya lebih efisien. Masalahnya semakin kita membuka suatu halaman web atau apapun, pastinya akan meninggalkan data temporary yang sangat banyak. Nah data temporer inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab smartphone kamu lambat.

2. Manfaat Bersihkan Cache

Sebenarnya ada manfaatnya jika kita membersihkan cache secara manual, manfaat yang kita dapatkan yaitu:

  • Kamu bisa menghemat media penyimpanan di smartphone.
  • Terkadang cache tersebut mengalami file corrupt, dan membuangnya merupakan solusi terbaik.
  • Cache juga kadang memuat data tentang keamanan dan privasi kamu, dan apabila ada orang yang menyalahgunakan cache tersebut, data diri kamu bisa saja dicuri.
  • Jika ada aplikasi yang tidak mau update, menghapus cache tersebut bisa memaksa aplikasi tersebut untuk update.

Ya itulah manfaat yang bisa di dapatkan jika kamu menghapus cache tersebut. Untuk pembersihannya sendiri tidak perlu rutinitas, karena android sendiri sudah disetting untuk membuang data yang sudah tak berguna.

Akan tetapi hal ini cukup penting jika cache tersebut sudah memuat informasi keamanan diri, jadi ketika kamu ingin meminjamkan smartphone tersebut alangkah lebih baik jika kamu hapus segala macam cache tersebut. Ada juga kondisi yang diperlukan untuk membersihkan cache jika aplikasi tidak mau update.

3. Langkah-Langkah Membersihkan Cache

Sebenarnya langkah-langkah ini mungkin akan sedikit berbeda dengan masing-masing device, dan perlu ditekankan ya kamu melakukan hal-hal ini hanya jika kamu merasa smartphone kamu sudah berjalan amat lambat, atau kamu butuh penyimpanan ekstra untuk kebutuhan kamu (entah foto, video atau apapun).

Langkah pertama kamu buka settings atau pengaturan -> lalu pilih kelola aplikasi ->pilih aplikasi yang memang mempunyai cache yang banyak (contoh Chrome)

-> pilih penyimpanan

-> hapus data/hapus cache.

Terkadang di versi lama akan tersedia dua versi yaitu hapus data atau hapus cache, sedangkan di versi baru cuma hapus data. Untuk di versi baru sebenarnya tidak ada masalah jika kamu memilih hapus data, efeknya adalah membuat aplikasi kamu akan seperti awal diinstal.

4. Efek Terhadap Smartphone dan Aplikasi

Jelas akan ada efek yang terasa, dimana ketika kamu selesai membersihkan cache tersebut aplikasi kamu tidak akan se-smooth biasanya, dikarenakan semua cache yang ada telah di bersihkan.

Storage atau media penyimpanan pun lebih lega, karena banyaknya cache yang dibuang, dan mungkin itu bisa kamu manfaatkan untuk menyimpat foto, video ataupun install sebuah aplikasi.

Oh ya informasi tambahan jika kamu telah membersihkan sebuah cache tidak akan menghapus progres game, atau menghapus bookmark kamu kok, jadi data-data yang disimpan permanen akan tetap aman, karena yang di hapus merupakan data sementara.

Itu tadi artikel tentang tips dan trik seputar android tentang pembersihan cache, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikas atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih !.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.