via Xiaomi Today

Meskipun saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19, namun penjualan smartphone masih terbilang baik, khususnya smartphone Android. Hal ini tercermin dalam hasil riset yang dilakukan Omdia.

Omdia melansir data penjualan sepuluh smartphone dengan penjualan tertinggi pada semester pertama 2020. Dalam data, Apple menguasai lima dari sepuluh smartphone terlaris di semester pertama 2020.

Baca juga:

Kelimanya adalah iPhone 11, iPhone XR, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Status smartphone terlaris kali ini diperoleh iPhone 11 dengan penjualan sebanyak 37.7 juta unit.

Sisanya adalah smartphone Android, namun dari kelimanya hanya ada smartphone buatan Samsung dan Xiaomi saja. Ada Galaxy A51 yang sukses terjual sebanyak 11.4 juta unit di seluruh dunia. Galaxy A51 menempati posisi kedua sebagai smartphone paling laris di periode ini.

via Omdia

Tapi dari kelima smartphone Android, Samsung hanya mendapat satu smartphone saja. Padahal diperiode yang sama tahun lalu, Samsung berhasil menguasai empat posisi dengan smartphone Galaxy A10, Galaxy A30, Galaxy A50, dan Galaxy J2 Core.

Saat ini, sisanya dikuasai oleh Xiaomi lewat smartphone seperti Redmi Note 8 yang berhasih terjual sebanyak 11.0 juta unit. Kemudian ada Redmi Note 8 Pro yang terjual sebanyak 10.2 juta unit, Redmi 8A dengan penjualan 7.3 juta unit, dan terakhir Redmi 8 sebanyak 6.8 juta unit.

Kondisi pandemi COVID-19 memang memukul bisnis ponsel, tak terkecuali dari merek apapun. Pandemi COVID-19 memaksa beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown, yang mempengaruhi ekonomi suatu negara dan daya beli masyarakat.

Tahun 2020 sendiri akan menjadi tahun sulit bagi penjualan smartphone. Firma IDC memprediksi tahun ini penjualan smartphone secara global tidak mencapai angka positif.

via SamMobile, Omdia

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.