Android 11 baru saja diresmikan oleh Google minggu kemarin dan update tersebut sudah tersedia di perangkat Pixel (mulai dari Pixel 2 hingga yang terbaru Pixel 4a). Ternyata, gak butuh waktu lama bagi para pengembang untuk membuat custom ROM berbasis Android 11 dan kemarin sudah ada custom ROM Android 11 pertama yang menggunakan basis AOSP!

Custom ROM pertama dengan Android 11 berhasil dibuat oleh member XDA-Developer yakni abhishek987 untuk perangkat Redmi K20 Pro/Mi 9T Pro. Berdasarkan keterangan yang disampaikan abhishek987, sebagian besar hardware pada ponsel seperti Wi-Fi, Bluetooth, kamera (photo dan video), audio, LED, dan RIL (untuk telepon, SMS, data, VoLTE) semuanya berjalan dengan normal tanpa adanya kendala.

Tentu saja ini merupakan sebuah kabar yang amat baik untuk pengguna Android, pasalnya pengembang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menyediakan custom ROM dan diharapkan, akan ada lebih banyak pengembang yang menyediakan custom ROM berbasis Android 11 untuk lebih banyak perangkat Android.

So, bagi kamu pengguna ponsel Redmi K20 Pro/Mi 9T Pro dan tertarik mencoba custom ROM berbasis Android 11 milik abhishek987, silakan gunakan link yang sudah DroidPoin sediakan berikut:

AOSP 11.0 for the Redmi K20 Pro/Mi 9T Pro

DroidPoin ingatkan, melakukan flashing (install custom ROM) dapat menyebabkan perangkat kamu mengalami brick, bootloop dan lain-lain. Jadi, pastikan kamu ketahui resiko yang akan kamu hadapi terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

via XDA-Developer

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.