Kabar terbaru datang dari Facebook Messenger, dimana pada tahun depan Facebook Messenger dan Portal akan support dengan efek Augmented Reality yang dikeluarkan oleh Spark AR. Seperti yang dilansir dari Facebook Connect, dimana Facebook akan mengumumkan perihal tentang supportnya Facebook Messenger dengan efek dari Augmented Reality pada tahun 2021 mendatang.

Baca Juga:

Sudah bukan rahasia umum jika kepopuleran efek Augmented Reality sudah membludak. Ini dikarenakan pada tahun lalu, Facebook memperbolehkan penggunaan efek AR ini ke Instagram. Tentunya ini adalah percobaan yang sangat sukses, dan hingga sekarang kepopuleran efek AR ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi penikmat sosial media khususnya Instagram.

makeusof

Nah, Facebook kabarnya akan mengadopsi cara ini untuk mengembangkan dua aplikasi media sosial lainnya, yaitu Facebook Messenger dan Portal pada tahun depan. Meskipun Messenger dan Portal mempunyai kemampuan untuk menciptakan efek AR mereka sendiri, namun karena keterbatasan library yang diciptakan Facebook Team, sehingga mereka memilih efek AR ini dikelola oleh pihak ketiga.

Sama seperti Instagram, siapa pun yang ingin membuat efek AR ini, bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukannya. Maka dari itu Spark AR dapat menggunakan database desain mereka, dan menggunakannya pada Facebook Messenger dan Portal. Bagi kamu yang belum tahu Spark, Spark merupakan desain studio yang dimiliki oleh Facebook untuk menciptakan efek AR.

Spark ini juga bisa digunakan oleh para pemula loh, ada sekitar 400.000 user aktif yang ada di dalam Spark ini dan menciptakan lebih dari 1,2 juta efek AR di Facebook dan Instagram. Bahkan di berita terbaru, Facebook bekerja sama dengan surat kabar berpengaruh yaitu New York Times untuk membuat efek AR yang informatif. Kerja sama sudah dimulai dengan menciptakan sebuah efek AR polusi Udara.

Jelas ini akan menjadi sebuah fitur yang bermanfaat, dimana kita bisa berinteraksi dengan keluarga, kerabat dan teman kita dengan menggunakan efek AR. Selain itu, dengan adanya pihak ketiga mengembangkan efek AR ini, semakin banyak pula pilihan efek AR yang bisa dipakai dan ini benar-benar sebuah update yang sangat menarik, dan tentunya baru tahun depan fitur ini bisa kamu pakai pada Facebook Messenger tersebut.

Oke itu tadi berita tentang update Facebook Messenger, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

Sumber

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.