via Mihoyo

Belakangan ini game besutan Mihoyo terbaru yakni Genshin Impact sedang ramai diperbincangkan, bukan karena desain (karakter, waktu dan lain-lain) ataupun gameplay dari game tersebut, melainkan lebih ke arah stabilisasi serta kompabilitas perangkat yang dapat memainkan game ini.

Pasalnya, banyak sekali suara sumbang baik itu di komunitas ataupun store dari setiap platform yang mengeluhkan bahwa game Genshin Impact ini beratlah, renderingnya lama, banyak bug atau apapun alasannya. So, buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi dari game Genshin Impact di perangkat mobile, berikut ini adalah detailnya:

  • Android
    • >>>Recommended configuration<<<
      CPU: Qualcomm Snapdragon 845, Kirin 810 atau yang setara
      RAM: 4 GB atau lebih besar
      Rekomendasi sistem: Android 8.1 atau yang lebih baru
    • >>>Minimum configuration<<<
      CPU: Arm v8a 64-bit (minimal device keluaran tahun 2017-18)
      Memory: 3 GB atau lebih besar
      Rekomendasi sistem: Android 7.1
      Penyimpanan: 8 GB internal

Oke, kalian sudah lihatkan spesifikasinya kan? Jadi, minimum konfigurasi atau spesifikasi untuk dapat memainkan game ini adalah chipset Arm v8a 64-bit, yang mana merupakan chipset keluaran tahun 2017-18. Simpelnya gini, sebagian besar perangkat yang dikeluarkan tahun 2017 itu dipastikan sudah menggunakan Arm v8a 64-bit sehingga bisa memainkan game ini.

Tapi apakah hal ini mencakup semua perangkat yang dikeluarkan tahun 2017-18? Inilah yang masih jadi pertanyaan.

via Tech Advisor

Jika kita membuka web Mihoyo dan kamu lihat kebagian platform iOS, maka disana terpampang dengan jelas minimal perangkat untuk dapat memainkan game Genshin Impact adalah seri iPhone 8 Plus yang mana keluaran tahun 2017 juga.

Jadi, kita bisa tarik kesimpulan dari hal ini, yang pertama adalah kamu memerlukan setidaknya perangkat keluaran tahun 2017 untuk dapat memainkan game Genshin Impact. Namun, tidak semua perangkat Android yang dikeluarkan tahun 2017 bisa memainkan game ini, minimal perangkat yang kamu gunakan harus menggunakan chipset flagship atau midranger terbaik pada kala itu (Snapdragon 835) dengan total RAM minimal 3 GB. Kalaupun seandainya bisa memainkan game ini, pasti akan membebani perangkatmu dan mengakibatkan beberapa masalah (mis. force close, tidak merespon hingga bisa mengakibatkan panas berlebih).

Yang kedua, game ini bisa kok kalau dimainkan pada ponsel midranger (lihat adanya opsi Kirin 810). Namun, harus kamu perhatikan bahwa minimal chipset yang kamu gunakan harus setara dengan Kirin 810 (misalnya seri Snapdragon 730G atau MediaTek Helio G90T) dan hal  terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik ponsel midranger adalah menurunkan kualitas grafis agar tidak membebani perangkatmu.

Intinya, game ini adalah game yang dibuat khusus untuk ponsel flagship dan midranger masa kini, mirip-miriplah dengan Fortnite. Mau sebesar apapun RAM yang kamu miliki, tetapi jika chipset yang kamu gunakan tidak mendukung ya jangan berharap, karena membutuhkan CPU dan GPU yang tangguh.

Bedanya antara Genshin Impact dan Fortnite itu terletak pada batasan perangkat. Dimana pada kasus Fortnite, Epic Games tidak membiarkan perangkat yang tidak sesuai dengan minimum spesifikasi mengunduh game tersebut, namun Mihoyo mengizinkan hampir semua perangkat agar dapat mengunduh game tersebut, walaupun perangkat tersebut tidak sesuai dengan minimum spesifikasi yang dikeluarkan.

Gimana nih? Jadi adakah diantara kamu disini yang sudah memainkan game Genshin Impact? Sampaikan pendapatmu mengenai game tersebut di kolom komentar yah!

via Mihoyo

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.