via CNet

Huawei telah menyiapkan HarmonyOS untuk menjadi sistem operasi untuk smartphone pada versi keduanya. Smartphone perdana HarmonyOS juga akan dirilis tahun depan. Tapi apakah smartphone Android Huawei bisa pindah?

Beberapa waktu lalu muncul kabar smartphone Android Huawei yang menggunakan EMUI 11 dapat diubah menjadi HarmonyOS. Kini, beredar daftar smartphone Huawei yang dapat berubah menjadi HarmonyOS.

Bocoran terseut menyebut, smartphone Huawei dengan chipset Kirin 9000 akan lebih dulu mendapatkan HarmonyOS. Chipset ini masih belum dirilis, dan baru akan meluncur bersamaan dengan smartphone Huawei Mate 40.

Kemudian smartphone berchipset Kirin 990 5G, yang digunakan di Huawei Mate 30 series, Huawei P40 series, Huawei Mate XS, Huawei Nova 6 5G, Honor 30, dan Honor V30 Pro.

Berikutnya ada smartphone dengan chipset Kirin 990 4G, Kirin 985 (Huawei Nova 7 dan Nova 7 Pro), Kirin 980 (Huawei Mate 20 series, P30 & P30 Pro, Nova 5 Pro & 5T), dan Kirin 820 (Honor 30S, Honor X10, Nova 7 SE).

HarmonyOS juga akan tersedia bagi smartphone yang memakai chipset Kirin 810 yang digunakan di Huawei Nova 5, 5i Pro & 6SE, Honor 9X, Honor 20S, Honor 10S hingga Huawei P40 Lite. Kirin 710 yang digunakan di Nova 3i, Huawei P30 Lite, Mate 20 Lite, hingga Honor 10 juga mendapatkannya.

via PhoneArena

Dalam daftar, tidak ada dukungan HarmonyOS untuk chipset 970. Ini artinya smartphone seperti Huawei Mate 10 dan Huawei P20 tidak bisa menggunakan HarmonyOS.

Namun belum diketahui apakah Huawei akan ‘memaksa’ pengguna smartphone-smartphone tersebut untuk beralih ke HarmonyOS atau tidak. Meski begitu, kemungkinan Huawei tetap memberi opsi untuk tetap menggunakan Android.

HarmonyOS yang kini masuk ke versi 2.0 dapat digunakan dalam smartwatch, head unit di mobil, hingga TV. SDK sistem operasi ini juga telah tersedia di website resmi HarmonyOS. Sedangkan untuk smartphone, SDK HarmonyOS 2.0 akan menyusul pada Desember mendatang.

Apakah smartphone Huawei kamu ada dalam daftar?

via PhoneArena

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.