Sudah sebulan lamanya Android 11 dirilis dan sudah sebulan juga saya menggunakan update OS paling baru dari Google tersebut dan buat kamu yang penasaran gimana kinerja dari Android 11, berikut adalah review Android 11 menurut saya pribadi dan kita akan bahas ini berdasarkan hal yang saya sukai dan tidak saya sukai:

Yang saya sukai dari Android 11

  • Tidak ada perubahan signifikan
    • Pada Android 9 dan Android 10, perubahan secara signifikan terjadi pada navigasi gesture yang mana membuat saya harus beradaptasi jauh lebih lama dari biasanya. Apalagi fitur dark mode yang hingga kini masih belum konsisten tersedia di setiap aplikasi. Untungnya, Android 11 hadir dengan penambahan fitur yang tidak signifikan tapi sangat berguna seperti conversation, Bubbles dan lain-lain.
  • Fitur baru
    • Memang tidak banyak fitur baru yang tersedia, apalagi beda perangkat beda pula penerapannya, tergantu OEM pokoknya (ada yang sudah menerapkan dan ada juga yang belum). Akan tetapi, semua fitur di update Android 11 amat sangat bermanfaat bagi saya terutama untuk 4 fitur andalan di Android 11 yakni conversation, media control, file manager dan screen recording.
  • Keamanan
    • Salah satu masalah yang selalu diresahkan oleh pengguna Android tentu saja adalah masalah keamanan dan Google mencoba terus memperbaiki masalah tersebut. Di Android 11 mereka menambahkan fitur berupa Scoped Storage agar aplikasi pihak ketiga tidak bisa seenaknya mengakses file yang ada di ponsel milikmu dan One-time & Auto-revoking permission yang mana merupakan peningkatan minor di bagian privasi (termasuk izin aplikasi)

Yang tidak saya sukai dari Android 11

  • Ketersediaan fitur
  • Menu Quick Settings yang dipangkas
    • Kalau kamu adalah pengguna Android 11 yang update dari Android 10, mungkin kamu akan sadar bahwa saat ini menu di quick settings telah dipangkas. Jika kamu tarik panel notifikasi ke bawah, biasanya semua menu quick settings akan tampil. Namun kini, kamu hanya akan mendapatkan 6 menu saja dan sisanya harus geser ke sebelah kanan, hal ini dikarenakan adanya media control.

Untuk masalah bug, ketika baru selesai melakukan update memang ada beberapa bug yang seringkali muncul seperti panel notifikasi yang tak merespon dan juga beberapa masalah di aplikasi yang terkadang tak bisa menampilkan keyboard atau keyboardnya tidak merespon. Namun, Google bergerak cepat mengetasi bug tersebut dan kini masalah tersebut sudah terselesaikan sepenuhnya.

So, kesimpulannya adalah . . .

Update Android 11 adalah update android yang simpel. Walaupun update ini dikatakan Google sebagai update mayor (besar), tetapi ini lebih seperti update minor bagi saya,  apalagi perubahannya itu tidak begitu signifikan. Dengan penambahan fitur yang tidak terlalu banyak tetapi amat sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari, membuat kamu jadi lebih fleksibel melakukan berbagai hal, namun bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Bagi kamu yang sudah menggunakan Android 11, gimana pendapatmu mengenai update ini? Bagikan pendapatmu mengenai update Android 11 di kolom komentar yah!

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.