Kemarin ada berita menarik nih gaes, dimana hasil benchmark dari iPhone 12 akhirnya resmi diungkan oleh AnTuTu dan bagian paling menariknya itu adalah ketika skor benchmark dari chipset terbaru milik Apple yakni Apple A14 ternyata dibawah rata-rata flagship Android yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdaragon 865 loh! Gak heran dong yah, kalau saat ini ada banyak fans Android sedang merasa bahagia dan langsung mem-bully iPhone 12.

Sebagai tambahan infromasi untukmu, rata-rata flagship Android yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdaragon 865 mendapatkan skor AnTuTu di angka 610K, sedangkan skor iPhone 12 yang menggunakan chipset Apple A14 cuma berada dikisaran 560K aja. Gimana gak bahagia? chipset andalan Qualcomm tahun ini punya selisih mendekati angka 10% dibanginkan dengan Apple A14.

Loh kok bisa? Apple kan sudah menggunakan segudang kelebihan dari divisi chipset mereka, apalagi Apple A14 sudah menggunakan fabrikasi 5nm, sama halnya seperti Huawei Kirin 9000. Skor dari chipset Kirin 9000 aja bisa mendekati 700K, lalu kenapa skor Apple cuma berada dikisaran 560K? Apakah ini menandakan bahwa chipset yang digunakan pada perangkat Android sudah jauh lebih unggul dari Apple A14?

Tenang-tenang, DroidPoin punya jawaban dari pertanyaan kamu!

  1. Kenapa chipset Apple A14 punya skor lebih rendah dari Qualcomm Snapdragon 865?
    • Jawabannya simpel, karena keduanya menggunakan sistem operasi yang berbeda, atau tidak berada dalam satu platform, atau tidak berada dalam satu universe! AnTuTu sendiri hingga saat ini tidak pernah menyatukan hasil skor milik perangkat Android dan iOS dalam satu halaman (selalu berbeda halaman). Hal ini dikarenakan ada banyak sekali perbedaan antara kedua platform tersebut.
    • Kalau dari keterangan AnTuTu, perbedaannya hampir berada disegala aspek mulai dari kernel dan bahasa pengembangan yang berbeda, belum lagi soal penggunaan API dalam tes GPU (dimana Android menggunakan OpenGL ES and vulkan API, sedangkan iOS menggunakan Apple Metal API). Jadi sangat wajar kalau skornya itu bakal berbeda pula. Detail terkait perbedaan hasil benchmark keduanya bisa kamu baca disini!
  2. Jadi, apakah ini menandakan bahwa chipset yang digunakan pada perangkat Android sudah jauh lebih unggul dari Apple A14?
    • Untuk saat ini DroidPoin gak tau mana yang lebih baik antara chipset Apple atau chipset yang digunakan pada perangkat Android dan DroidPoin juga belum bisa ngomong kalo chipset milik Apple itu mengalami kemunduran atau chipset Qualcomm, Huawei dan Exynos yang kini jauh lebih unggul dari Apple. Karena kembali lagi ke pembahasan di atas, keduanya digunakan pada platform yang berbeda. Sehingga tidak bisa dibandingkan hasilnya antara satu platform dengan platform lainnya.

Jadi, jangan sampai salah ya gaes! Benchmark itu ada banyak sekali faktor penentunya (bukan gede-gedean skor aja), bukan berarti jika perangkatmu mendapatkan nilai kecil (di suatu platform), hasilnya akan sama juga di platform lain.

Semoga bermanfaat 😁

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.