Counterpoint Research baru saja mengumumkan informasi terbaru mengenai market share perangkat secara global untuk bulan Agustus 2020 dan ternyata ada perubahan signifikan yang terjadi, dimana kini Huawei tak lagi merajai market share ponsel Android.

Huawei harus puas berada di posisi kedua dengan market share sebesar 16% (sebelumnya 21%), posisi mereka kembali diambil alih kembali oleh Samsung dimana punya market share sebesar 22% (sebelumnya 20%, naik 2%). Sedangkan sisa market share Huawei yang hilang diambil alih oleh Xiaomi, dimana sebelumnya hanya punya market share sebesar 8%, kini punya market share 11%.

via Counterpoint Research

Sedangkan dua brand lain yakni Apple dan Oppo berada dalam posisi stagnan, dimana Apple menguasai market share hingga 40% dan Oppo berada di posisi tiga besar (untuk kategori market share Android), dengan market share mencapai 12%.

Alasan kenapa market share Huawei sampai anjlok amatlah jelas, dimana mereka sedang ada masalah dengan Amerika, yang berujung masuknya Huawei ke daftar hitam. Karena masuk dalam daftar hitam ini, mereka tidak diperbolehkan untuk menggunakan Android dan berbagai teknologi lainnya (termasuk dalam pengembangan chipset).

via Counterpoint Research

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.