iPhone memang kerap menjadi trendsetter smartphone dunia, tak terkecuali bagi iPhone 12 Mini yang baru dirilis Apple. Xiaomi sudah mengungkap ketertarikan membuat smartphone dalam ukuran kecil.

Smartphone dalam ukuran ‘mini’ ini dibuat bukan untuk seri Mi yang menyasar kelas flagship, melainkan lewat sub-brand mereka, Redmi. GM Redmi dan Executive Xiaomi, Lu Weibing mengutarakan niatnya lewat akun media sosial Weibo.

Baca juga:

Ia mengatakan, Redmi bakal membuat smartphone dalam ukuran kecil atau ‘mini’. Namun ia tak menyinggung seberapa kecil smartphone Redmi tersebut.

via Weibo/Android Authority

Tapi, ia mewanti-wanti kalau smartphone mini buatan Redmi ini bakal ‘fakir colokan’ karena kapasitas baterainya yang kecil. Ya, hal ini imbas dari ukuran yang kecil sehingga tak memungkinkan untuk memuat baterai berukuran besar.

Sebagai catatan, iPhone 12 Mini punya baterai dengan kapasitas 2.227 mAh, yang sanggup memutar video selama 15 jam nonstop. Kapasitas baterai tersebut jauh lebih kecil dari smartphone Android terbaru saat ini.

Hanya saja, kalau smartphone Redmi tersebut tak dilengkapi jaringan 5G, maka daya baterainya akan lebih tahan lama.

Sebetulnya bukan kali pertama smartphone Android hadir dalam ukuran kecil. Beberapa tahun sebelumnya, kita sudah melihat smartphone seperti Samsung Galaxy S III Mini, ataupun model Compact dari Sony Xperia. Terbaru, ada smartphone buatan Palm yang ukurannya cukup mungil.

Namun kembali hadirnya smartphone berukuran kecil cukup menyegarkan pasar smartphone, mengingat saat ini mayoritas smartphone punya ukuran layar lebih dari 6 inch yang bagi sebagian orang agak sulit digunakan dengan satu tangan.

Semoga saja pabrikan lain akan berlomba-lomba membuat smartphone berukuran kecil ini.

via Android Authority

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.