Via HotCore

Gak sedikit pengguna Android yang menjadikan ponsel mereka sebagai hotspot cadangan dan pastinya kamu pernah dong melakukan hal tersebut. Pernah gak kamu mengalami kesulitan ketika mengaktifkan hotspot? Kalau pernah, inilah beberapa cara mengatasi masalah tersebut.

1. Restart ponsel

Semua masalah yang muncul seharusnya bakal selesai setelah kamu merestart ponsel. Kenapa?

Dengan melakukan restart/reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang ada pada ponsel Android kamu.

2. Modifikasi waktu non-aktif hotspot

Terkadang masalah tidaklah muncul karena adanya kerusakan, tetapi bisa disebabkan karena pengguna lupa akan satu hal. Contohnya ketika user memodifikasi waktu non-aktif hotspot.

Ketika tidak ada perangkat yang terhubung, ada opsi untuk mematikan hotspot ponsel kamu secara otomatis di pengaturan dan hal ini diaktifkan secara default oleh sistem. Tujuannya amat jelas, yakni untuk menghemat baterai ponselmu.

Tetapi dibeberapa ponsel tertentu (mis. Samsung), ada juga opsi mematikan berbasis waktu. Jadi, jika tak ada perangkat yang terhubung ke hotspot kamu, maka kamu bisa menentukan apakah hotspot akan mati dalam beberapa menit atau tidak mati sama sekali.

Jadi, silakan cek kembali. Siapa tahu aja bukan kerusakan hardware.

3. Penghemat baterai aktif

Apa itu Mode Stamina di Sony Xperia?

Sama seperti kasus kedua, penyebab hotspot kamu tidak dapat terhubung dengan baik bisa jadi dikarenakan ponselmu sedang berada dalam mode penghemat baterai. Untuk menghemat baterai di ponselmu, maka ponsel akan membatasi berbagai penggunaan serta kegiatan yang berlangsung, termasuk menonaktifkan hotspot yang memang akan membuat baterai kamu jadi cepat habis.

Jadi, silakan non-aktifkan penghemat baterai pada ponselmu dan nyalakan ulang hotspot.

4. Tunggu update software

Kalau cara diatas tidak mempan, mungkin masalah yang kamu alami saat ini adalah masalah atau bug yang ditimbulkan oleh software. Silakan kamu tunggu update digulirkan, atau kamu bisa hubungi OEM terkait dan juga kunjungi service center (untuk pengecekan hardware).

Itulah gaes beberapa cara mengatasi hotspot yang bermasalah atau tidak mau menyala. Semoga bermanfaat . . . 😁

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.