via Oppo

Setelah kita melihat smartphone dengan desain yang ‘gitu-gitu aja’, Oppo bakal mendobrak desain smartphone dengan menghadirkan smartphone layar gulung. Smartphone ini telah dipamerkannya.

Ialah Oppo X 2021, smartphone konsep yang memiliki layar dengan mekanisme rollable. Smartphone ini dipamerkan Oppo dalam acara INNO Day 2020, bersamaan dengan Oppo AR Glass 2021 dan Oppo CybeReal.

Layar Oppo X 2021 ini menggunakan OLED, dan memanfaatkan Roll Motor sehingga layarnya yang semula 6.7 inch, dapat diperluas hingga 7.4 inch. Ada dua mesin penggerak dalam smartphone ini, yang bergerak secara konstan.

Dua mesin tersebut berfungsi agar layar menjadi tidak rusak, dan memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri ukuran layar sesuai keinginan. Ya, ini menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan smartphone layar lipat.

Selain itu, Oppo juga menambahkan lapisan Warp Track pada layarnya untuk menambah kekuatan. Lapisan yang terbuat dari baja ini hanya setebal 0.1mm saja. Laminasi membentuk pola di belakang layar, yang menambah kekuatan tanpa meningkatkan hambatan saat menggulung layar.

via Oppo/XDA

Agar layar tetap mulus saat transisi tampilan, terdapat sebuat pelat yang mirip dengan sisir. Saat smartphone ini layarnya tertutup, pelat membentuk satu permukaan untuk menopang layarnya. Saat diperluas, salah satu pelat meluncur keluar untuk mendukung layarnya tanpa meninggalkan celah.

via Oppo/XDA

Estetika menjadi salah satu hal yang diperhatikan Oppo di Oppo X 2021. Meski layarnya dapat digulung, tak sedikitpun bagian yang memperjelek desain Oppo X. Saat layar ditarik, maka bagian sliding frame dan cover baterai menjadi terpisah untuk proteksinya.

Oppo menyebut ada 122 paten yang diajukan dalam pengembangan smartphone ini, 12 diantaranya hanya untuk mekanisme rollable-nya saja.

Belum diketahui secara jelas kapan smartphone ini akan meluncur. Sebelumnya, TCL juga sudah membuat konsep smartphone yang mirip dengan Oppo X 2021.

Tapi inilah, konsep smartphone masa depan nantinya.

Apa komentar kamu?

via XDA

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.